Angkatan Darat Selandia Baru terima Bushmaster PMV pertamanya

Bushmaster PMVNew Zealand MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat Selandia Baru telah menerima 18 kendaraan lapis baja Bushmaster PMV (Protected Mobility Vehicle) buatan Thales Australia.

Sebanyak 43 Bushmaster PMV dipesan untuk menggantikan kendaraan Pinzgauers yang sudah tua.

Diketahui pada Desember 2017, Pemerintah Selandia Baru telah menginvestasikan lebih dari 4,5 miliar dolar dalam 12 proyek meningkatkan kemampuan pertahanannya. Hal ini termasuk 102,9 juta untuk pengadaan armada Bushmaster PMV.

Mengenai Bushmaster PMV, ini adalah kendaraan jenis MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected) yang dirancang oleh Australian Defence Industries (ADI) dan kini diproduksi oleh Thales Australia.

Untuk spesifikasinya, Bushmaster PMV memiliki bobot sekitar 15 ton, panjang 7,1 m, lebar 2,4 m, dan tinggi 2,6 m. Kendaraan dapat menampung 10 prajurit termasuk pengemudi.

Tingkat perlindungan balistiknya pada STANAG 4569 level 1 dan perlindungan terhadap ranjau dan IED (Bahan Peledak Improvisasi) pada STANAG 4569 level 3.

Kendaraan digerakkan oleh mesin diesel Caterpillar 3126E 7.2L berdaya 300 hp. Dengan kinerja kecepatan maksimum 100 km/jam dan jangkauan operasi 800 km.

Bushmaster PMV dapat dipersenjatai dengan Stasiun Senjata Jarak Jauh (RCWS) atau kubah berawak satu dengan bersenjatakan senapan mesin 12,7 mm atau AGL 40 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *