Setelah Indonesia, Filipina Juga Beli Super Tucano dari Embraer

ANGKASAREVIEW.COM – Pabrik pesawat Embraer, Brasil mengumumkan pesanan enam pesawat serang ringan A-29 Super Tucano dari Angkatan Udara Filipina. Disebutkan, Super Tucano dipilih oleh AU Filipina setelah melewati proses penilaian dan evaluasi yang ketat meliputi beragam hal.

Rencananya, pesawat akan dikirim ke AU Filipina mulai tahun 2019 mendatang dan akan masuk ke dalam jajaran kekuatan 15th Strike Wing.

Presiden dan CEO Embraer Defense & Security, Jackson Schneider, menyatakan kebanggaannya atas kepercayaan Filipina. “Kami merasa bangga dan terhormat atas kepercayaan yang diberikan oleh Angkatan Udara Filipina. Sekaligus ini menjadi pelanggan kami yang kedua di wilayah Asia Pasifik,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, sebelum Filipina, Indonesia terlebih dahulu membeli pesawat berkemampuan Counter-Insurgency (COIN) ini.

Ditambahkan, Super Tucano merupakan pesawat terbaik di kelas pesawat serang ringan. Super Tucano saat ini telah dipilih oleh 14 Angkatan Udara di dunia.

Tentang Embraer, pabrik pesawat ini didirikan tahun 1969 dan telah menyerahkan 8.000 pesawat kepada para pemesannya. Selain memroduksi pesawat militer, Embraer juga menghasilkan pesawat-pesawat sipil unggulan.

Setiap 10 detik, pesawat buatan Embraer terbang di seluruh dunia dan mengangkut lebih 145 juta penumpang setiap tahun. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *