Angkatan Laut Turkiye akan mendapatkan tambahan tiga fregat kelas Istanbul

Fregat kelas IstanbulSSB
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Badan Industri Pertahanan Turkiye (SSB) telah menandatangani kontrak pembangunan tiga fregat kelas I (kelas Istanbul) untuk Angkatan Laut Turkiye. Penandatanganan dilaksanakan di Ankara pada 6 April 2023.

Fregat akan dibangun melalui kemitraan yang melibatkan perusahaan Turkiye STM dan TAIS Shipyards. Kapal fregat kelas Istanbul yang akan dibangun adalah yang ke-2, ke-3, dan ke-4. .

Fregat pertama dari proyek fregat ini adalah TCG Istanbul (F-515). Kapal ini telah diluncurkan pada 23 Januari 2021.

TCG Istanbul sedang menjalani penyelesaian pembangunannya di Istanbul Naval Shipyard dan dijadwalkan memasuki layanan pada tahun 2023 ini.

Sementara untuk ketiga fregat baru lainnya akan dibangun secara bersamaan di Galangan Kapal Sefine, Anadolu, dan Sedef yang merupakan mitra TAIS. Galangan-galangan kapal tersebut akan mengirimkan fregat dalam waktu 36 bulan.

Diberitakan oleh Naval News (6/4), program fregat kelas I diluncurkan untuk membangun empat fregat guna menggantikan fregat kelas YAVUZ yang sudah menua pada pertengahan 2020-an.

Dikembangkan di bawah program kapal perang MILGEM, kelas Istanbul adalah varian yang diperbesar dari korvet antikapal selam kelas Ada.

Fregat kelas I memiliki peningkatan kapasitas bahan bakar dan kemampuan operasional/jangkauan layar sekitar 50 persen dibandingkan dengan korvet kelas Ada.

Fregat kelas I dirancang untuk melakukan operasi pengawasan dan patroli maritim, inspeksi, dan pengawasan ZEE dan bertempur dengan kapal permukaan juga lawan di udara.

Untuk spesifikasinya, panjang keseluruhan 113 m, lebar 14,4 m, draft 4,05 m, dan bobot 3.000 ton.

Kapal dibekali sistem propulsi utama CODAG (mesin Diesel 2xMTU dan turbin gas 1xLM2500). Kecepatan maksimumnya 29 knot dan jangkaun operasi mencapai 5.700 nm dengan kecepatan 14 knot.

Persenjatannya mencakup 16-sel MIDLAS VLS untuk meluncurkan rangkaian rudal permukaan ke udara HISAR.

Lalu 4X4 rudal antikapal ATMACA, Aselsan Gokdeniz CIWS, kanon 76 mm Super Rapid Gun, 2X25 mm Aselsan STOP machine gun dan torpedo ringan 2×3 (MK-46 Mod 5 /Roketsan ORKA).

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *