Pasukan Ukraina tembak jatuh helikopter Ka-52 Rusia dengan RBS 70 MANPADS Swedia

RBS 70 NGSaab
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah video yang beredar di media sosial pada 19 Agustus 2023, mengungkapkan tentara Ukraina dari Brigade Magura ke-47 di Novoporopivka, selatan Robotyno, berhasil menjatuhkan helikopter serang Ka-52 Rusia menggunakan rudal panggul RBS 70.

Dilaporkan seorang pilot heli Ka-52 itu selamat dan berhasil di evakuasi.

Boeing_contoh2

Rudal RBS-70 MANPADS (Man-Portable Air-Defense System) tersebut merupakan sumbangan Swedia ke Ukraina pada awal perang tahun 2022.

RBS 70 memiliki jangkauan hingga 8 km dan dapat mencapai ketinggian sekitar 5 km. Rudal panggul ini diandalkan untuk menyerang pesawat terbang rendah, helikopter, maupun drone.

Sementara Ka-52 Alligator adalah helikopter serang segala cuaca yang terkenal tangguh dan menjadi andalan Angkatan Udara Rusia selain heli Mi-28.

Dirancang untuk berbagai peran tempur, Ka-52 memiliki kapabilitas untuk memburu target darat lapis baja maupun target lainnya serta target udara kecepatan rendah.

Kelincahan dan kemampuan manuvernya menjadikannya target yang menantang bagi pasukan musuh untuk menjatuhkannya.

Rusia sendiri telah melaporkan kehilangan sedikitnya 35 helikopter Ka-52 miliknya semenjak Operasi Militer Khusus di Ukraina digelar.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *