TNI AL dan AL Prancis melakukan Latihan Tahap Laut di perairan Jakarta

LHD Dixmude (L9015)TNI AL
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Prancis melakukan latihan bersama berupa Latihan Tahap Laut di perairan Jakarta, Kamis (30/3).

Dalam latihan tersebut TNI AL mengerahkan dua kapal perangnya yaitu KRI Bung Tomo-357 dan KRI Bubara-868. Sementara AL Prancis mengerahkan LHD Dixmude (L9015) dan La Fayette (F 710).

Komandan Guspurla Koarmada I Laksma TNI Heri Triwibowo yang berada di atas KRI Bung Tomo sebagai pengendali taktis latihan memastikan agar rangkaian kegiatan latihan dapat terlaksana dengan aman dan lancar sesuai prosedur. Ia juga menegaskan mengenai keamanan personel dan materiil.

Danguspurla Koarmada I mengungkapkan, kegiatan Passing Exercise (Passex) semacam ini merupakan momen yang sangat penting sebagai salah satu implementasi dari peran TNI AL dalam diplomasi angkatan laut.

“Passex sebagai media menjalin komunikasi dan saling pengertian, melatih kerja sama antarpersonel kedua pihak dan meningkatkan profesionalitas prajurit serta mempererat seaman brotherhood,” ujarnya seperti diberitakan Dispenal.

Singgahnya LHD Dixmude dan La Fayette di Jakarta dalam rangka misi Jeanne d’Arc , yakni pelayaran keliling dunia selama lima bulan.

Misi tersebut merupakan tahap penutup pelatihan akademis para Perwira Siswa Akademi Angkatan Laut di Prancis.

Di tempat terpisah Kepala Staf Angkatan Luat (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan, peningkatan kerja sama di bidang latihan dengan negara sahabat menjadi salah satu prioritas TNI AL.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *