Hebat, jet tempur generasi kelima TF-X Turkiye akan terbang perdana akhir tahun ini

TF-X
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Prototipe jet tempur generasi kelima TF-X buatan dalam negeri Turkiye telah sukses melakukan uji darat, yakni meluncur dengan mesinnya sendiri.

Menurut informasi dari media Turkiye, selama uji taksi yang diadakan pada Kamis, 16 Maret, TF-X menyalakan mesinnya sendiri dan turun ke lintasan landasan pacu.

Selanjutnya pesawat akan dipresentasikan secara resmi besok, 18 Maret 2023. Akan dilaksanakan seremoni roll-out atau resmi keluar dari hanggarnya.

Seperti diketahui, Proyek Pesawat Tempur Nasional (MMU) ini mulai diluncurkan pada 5 Agustus 2016, yang pengembangannya dipercayakan kepada Turkish Aerospace Industries (TUSAS).

Semula, TUSAS merencanakan melakukan penerbangan pertama TF-X pada tahun 2026. Namun, industri kedirgantaraan Turkiye membuat kemajuan pesat dan sekarang mengatakan penerbangan pertamanya akan dilakukan pada akhir tahun 2023 ini.

Kemudian, pada tahun 2029, ditargetkan untuk memulai kegiatan produksi konfigurasi MMU Block I dan mengirimkan 10 unit pesawat praproduksi ke Angkatan Udara Turkiye.

Jika semuanya berjalan lancar, Angkatan Udara Turkiye akan mendeklarasikan kemampuan operasi awal/operasi penuh (IOC/FOC) MMU pada awal tahun 2030-an.

Dikelasnya, TF-X akan bersaing dengan pemain lama F-35 dari AS, J-35 dari China dan KF-21 Block 3 dari Korea Selatan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *