Kemhan India beli 70 Pesawat Latih Dasar HTT-40 buatan dalam negeri

HTT 40Istimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan India pada 7 Maret 2023 telah menandatangani pembelian 70 unit Pesawat Latih Dasar HTT-40 buatan Hindustan Aeronautics Ltd.

Kontrak pengadaan senilai Rs 6.800 crore ini merupakan salah satu upaya pemerintah India untuk Aatmanirbharta atau kemandirian industri pertahanan dalam negeri.

Boeing_contoh2

Selain memborong pesawat latih, pada kesempatan yang sama Kemhan India juga mendantangani kontrak pengadaan tiga Kapal Latih Kadet dengan Larsen & Toubro Limited (L&T) senilai Rs 3.100 crore.

Kemhan India menyatakan, HTT-40 adalah pesawat turboprop yang memiliki kualitas penanganan kecepatan rendah yang baik dan memberikan efektivitas pelatihan yang lebih baik.

Pesawat latih berkursi tandem ini dapat digunakan untuk penerbangan aerobatik penuh guna melatih sisa penerbang.

Pesawat dilengkapi dengan avionik modern. Kokpitnya sudah berpendingin udara serta dilengkapi dengan kursi lontar. Pesawat juga dapat melakukan pengisian bahan bakar panas.

Kontrak pengadaan pesawat HTT-40 mencakup peralatan terkait, alat bantu pelatihan, dan simulator.

HTT-40 dibuat oleh HAL India dengan komponen domestik sebesar 56%. Komponen dalam negeri ini akan terus ditingkatkan menjadi 60% melalui indigenisasi komponen dan subsistem utama.

Sesuai kontrak, pengadaan pesawat akan dilaskanakan selama enam tahun.

-JDN-

One Reply to “Kemhan India beli 70 Pesawat Latih Dasar HTT-40 buatan dalam negeri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *