Angkatan Laut Jepang resmi tugaskan fregat ke-4 kelas Mogami, JS Mikuma

JS MikumaJMSDF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Jepang (Japan Maritime Self-Defense Force) secara resmi telah menugaskan fregat keempat kelas Mogami yang mendapatkan nama JS Mikuma (FFM-4).

Hal ini dikatakan Kementerian Pertahanan Jepang melalui akun media sosialnya pada 7 Maret 2023.

Untuk spesifikasinya, fregat kelas Mogami ini memiliki bobot perpindahan 3.900 ton (standar) atau 5.500 ton (muatan penuh), panjang 133 m, dan lebar 16 m.

Sistem propulsinya terdiri dari sistem CODAG dengan satu turbin gas Rolls-Royce MT30 dan dua mesin diesel MAN V28/33DD STC. Kecepatan jelajah maksimumnya mencapai 30 knot (56 km/jam).

Kapal dilengkapi dengan berbagai sensor dan sistem pemrosesan, termasuk OPY-2 (radar AESA serbaguna X-band), OAX-3 (EO/IR), OQQ-25 (VDS + TASS), OQQ-11 (sinar baru ranjau), OYQ-1 (sistem manajemen tempur), dan OYX-1-29 (sistem tampilan konsol).

Fregat kelas Mogami juga menampilkan perangkat peperangan elektronik dan decoy, seperti NOLQ-3E (sistem radar pasif plus kemampuan serangan elektronik diintegrasikan ke dalam antena radar utama) dan chaff dispenser.

Persenjataan di kapal termasuk meriam laut Mk-45 Mod 4 5 in (127 mm), dua tabung rudal dengan total delapan rudal antikapal Type 17, satu SeaRAM, lalu torpedo Type 12, dan peralatan peletakan ranjau, 16 x Mk-41 VLS, Type 03 Chū-SAM versi angkatan laut, dan dua stasiun senjata jarak jauh.

Kapal dengan awak 90 personel ini juga dapat membawa satu helikopter SH-60L di buritannya atau disimpan dalam hanggar.

Secara keseluruhan, fregat kelas Mogami dirancang untuk berbagai misi, termasuk perang anti kapal permukaan, perang anti-kapal selam, serta perang menghadapi pesawat dan melawan ranjau.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *