IDV akan pasok 36 panser amfibi VBA 8X8 ke Angkatan Laut Italia

Panser amfibi VBA 8X8IDV
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan pertahanan Italia IDV (IVECO Defense Vehicles) mengumumkan pada 10 Januari 2023, telah menandatangani kontrak dengan Directorate of Land Armaments untuk memasok 36 panser VBA (Kendaraan Lapis Baja Amfibi) ke Angkatan Laut Italia.

Kontrak ini merupakan bagian dari program untuk memperbaharui dan memperluas armada kendaraan, guna meningkatkan Sea Projection National Capability (SPNC) Angkatan Laut Italia.

Boeing_contoh2

Mengenai VBA, ini adalah kendaraan lapis baja amfibi berpenggerak 8X8 yang mampu diluncurkan dari kapal serbu amfibi di laut terbuka menuju bibir pantai.

Penggeraknya berupa mesin diesel FPT Cursor 16 berdaya 700 hp. Kecepatan maksimum di darat 105 km/jam dan kecepatan berenang di atas permukaan air 6 knot.

Selain menawarkan mobilitas yang sangat baik, kendaraan juga memiliki tingkat perlindungan balistik, antiranjau, dan anti-IED yang tinggi.

VBA dilengkapi dengan stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) HITROLE Light yang dipasok oleh Leonardo. Persenjataan yang digunakan berupa senapan mesin kaliber 12,7 mm.

VBA untuk Angkatan Laut Italia ini didasarkan pada SUPER AV8X8, yakni platform kendaraan amfibi yang diikutkan dalam program ACV (Kendaraan Tempur Amfibi) Korps Marinir AS.

VBA dikembangkan IDV yang bermitra dengan BAE Systems.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *