Mi-28NM Rusia terlihat membawa rudal canggih baru di Ukraina

Mi-28NMIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Helikopter serang Mi-28NM Night Hunter milik Angkatan Udara Rusia terlihat membawa rudal baru Izdeliye 305 atau lebih dikenal sebagai LMUR di palagan perang Ukraina.

Penampakan tersebut telah muncul di media sosial baru-baru ini yang menunjukkan LMUR digantung di bawah sayap kecil bagian kanan Mi-28NM.

LMUR (Lyogkaya Mnogotselevaya Upravlayemaya Raketa) dianggap sebagai rudal anti-armor tercanggih Rusia saat ini.

LMUR merupakan rudal ringan multiguna udara ke permukaan dengan pencari pencitraan termal. Disiapkan untuk digunakan pada heli serang Mi-28 dan Ka-52 serta heli serbu Mi-8MNP-2 FSB dan Mi-24/35.

Rudal baru ini lebih berat dari ATGM yang diluncurkan dari helikopter Rusia lainnya, yakni berbobot 105 kg atau hampir dua kali lipatnya.

Sebagai perbandingan, 9M120-1 Ataka-1 berbobot 48,5 kg dengan tabung peluncurannya, dan 9M127-1 Vikhr-1 berbobot 59 kg dengan tabung peluncurannya.

LMUR sendiri telah mendapatkan cap battle proven, berhasil menghancurkan gudang senjata Ukraina di Oblast Kharkiv pada musim panas tahun lalu.

-RBS-

One Reply to “Mi-28NM Rusia terlihat membawa rudal canggih baru di Ukraina”

  1. Rusia memang sangat hebat, inovatif dalam memproduksi senjata apapun shg senjata yg diproduksi memiliki kinerja yg lebih dari sblmnya, bravo Russia, Will be a winner of the war

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *