Rheinmetall pasok tentara Ukraina dengan truk logistik kelas berat HX 8X8

Truk HX 8X8_ Rheinmetall MAN_ Airspace ReviewRheinmetall MAN
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Atas perintah dari pemerintah Jerman, perusahaan pertahanan Rheinmetall mulai memasok militer Ukraina dengan truk kelas berat HX 8X8 baru.

Pengiriman secara total, 26 kendaraan hook-loading dengan mobilitas tinggi ini dilaporkan bernilai 12,5 juta Euro, sebut Army Recognition (22/12).

Keluarga kendaraan militer HX diproduksi oleh Rheinmetall MAN Military Vehicles (RMMV), dan merupakan salah satu jajaran truk militer yang cukup laris.

Lebih dari 16.000 kendaraan truk HX kini beroperasi di seluruh dunia.

Keluarga truk HX dirancang secara sistematis untuk daya tahan maksimum, mobilitas tinggi, kemudahan penggunaan, dan modularitas untuk keperluan beragam misi. Tersedia truk dengan penggerak 4X4, 6X6, 8X8 dan 10X10.

Truk HX generasi awal diungkapkan tahun 2003. Pesanan pertama dilakukan pada 2004.untuk memenuhi kebutuhan militer Jerman.

Sementara generasi kedua, disebut sebagai HX2 muncul tahun 2012. Versi produksinya mulai dikirimkan pada bulan April 2016.

Generasi selanjutnya, proyek keluarga HX3 mulai diumumkan Mei 2021, dengan produksi seri dijadwalkan pada 2024 mendatang.

Rheinmetall sendiri turut terlibat dalam beberapa kegiatan untuk mendukung militer Ukraina guna menghadapi perang dengan Rusia.

Salah satunya melalui anak perusahaan Rheinmetall Zeppelin Mobile Systeme GmbH yang akan memasok rumah sakit lapangan siap pakai ke Ukraina.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *