NORINCO perkenalkan ranpur infanteri baru VN20 di Airshow China 2022

ROE

AIRSPACE-REVIEW (airspace-review.com) – Dalam gelaran Airshow China 2022 yang diadakan di Zhuhai pada 8-13 November 2022, perusahaan pertahanan China NORINCO meluncurkan IFV (Infantry Fighting Vehicle) beroda rantai barunya yang dinamai VN20.

VN20 dikembangkan berdasarkan sasis VT4 MBT (Main Battle Tank) yang menawarkan mobilitas tingkat tinggi dalam kondisi segala medan.

Bagian depan dan bagian atas lambung samping dilindungi oleh ERA (Explosive Reactive Armor). VN20 menawarkan perlindungan balistik Level 6 STANAG 4569 tahan terhadap munisi kaliber 30 mm.

Kendaraan diawaki dua kru yakni pengemudi dan komandan di kabin depan.

Mesin dieselnya terletak di bagian depan lambung. Kompartemen belakang dapat menampung hingga enam prajurit infanteri.

VN20 dilengkapi dengan stasiun senjata yang dioperasikan dari jarak jauh dan dipersenjatai dengan meriam otomatis kaliber 30 mm.

Dilaporkan, VN20 dapat dilengkapi dengan turret dua orang yang dipersenjatai dengan meriam otomatis kaliber 100 mm dan 30 mm, seperti IFV milik Rusia BMP-3.

Tersedia juga dua senjata sekunder yang dikendalikan dari jarak jauh yang dipasang di atas turret dan di bagian belakang lambung dengan senapan mesin 7,62 mm.

Sebagai penggebuk tambahan, sisi kiri turret juga dipersenjatai dengan peluncur rudal antitank (ATGM) serta tiga pelontar granat asap terintegrasi dalam armor di setiap sisi di depan turret.

Untuk memperluas jangkauan operasionalnya, VN20 membawa dua drum bahan bakar solar tambahan yang dipasang secara eksternal di bagian belakang.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *