Moto EV, motor listrik Pindad yang beraksi di hadapan Presiden dan Menhan RI

Moto EV_Pindad_ AIRSPACE REVIEWRBS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di hari pembukaan pameran Indo Defence pada 2 November 2022, tepat pukul 09.00 WIB dilaksanakan pertenjukkan dinamis yang melibatkan alutsista buatan dalam negeri di arena outdoor JIExpo Kemayoran.

Di hadapan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta tamu undangan VIP lainnya, beberapa alutsista buatan lokal tersebut dilibatkan dalam atraksi pembebasan sandera.

Salah satu yang turun dalam demonstrasi ini adalah sepeda motor listrik buatan PT Pindad yang menyandang nama Moto EV.

Sepeda motor yang masih berstatus prototipe ini dibekali motor listrik menghasilkan tenaga 5 kW dan torsi 30 Nm sampai 38 Nm.

Moto EV buatan PT Pindad. Foto: RBS

Motor dapat dibesut hingga kecepatan maksimal 80 km/jam pada jalan datar, dan mampu menempuh jarak hingga 100 km dalam sekali pengisian tenaga baterai.

Pengisian daya menggunakan metode pengisian cepat dari nol sampai 100 persen membutuhkan waktu dua jam.

Untuk dimensinya, Moto EV memiliki panjang 190 cm, lebar 86,5 cm, tinggi 133 cm, berat 90 kg, dan ground clearance 20 cm.

Pengembangan Moto EV ini sementara diperuntukkan sebagai kendaraan taktis, terutama untuk memenuhi kebutuhan Kementerian Pertahanan.

Sepeda motor nantinya dapat dioperasikan sebagai kendaraan patroli militer. Salah satunya penggunanya adalah Babinsa yang bertugas di masing-masing wilayah.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *