China pamerkan loyal wingman FH-97A, sekilas mirip MQ-25 Ghost Bat

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Untuk pertama kalinya China memperlihatkan drone loyal wingman FH-97A di Airshow China 2022 yang digelar di Zhuhai, Provinsi Guangdong, China Selatan pada 8-13 November.

Kendaraan udara tak berawak ini akan menemani jet tempur dan menyediakannya dukungan intelijen, informasi, dan daya tembak.

Sekilas, bentuknya mirip loyal wingman MQ-25 Ghost Bat yang dikembangkan oleh Boeing dan RAAF.

FH-97A dikembangkan oleh Feihong Company di bawah Akademi Kesembilan dari China Aerospace Science and Technology Corporation milik negara.

Drone ini dapat melakukan pengintaian kolaboratif dengan pesawat misi khusus, karena memiliki kemampuan mendeteksi potensi ancaman dan memberikan peringatan dini dengan terbang di depan pesawat berawak.

Dia juga dapat memperpanjang waktu dan cakupan pengintaian dengan memanfaatkan daya tahan dan jangkauannya yang panjang.

Saat bekerja sama dengan jet tempur, FH-97A dapat melakukan supresi pertahanan udara dengan membawa muatan pengintaian dan jamming elektronik serta melakukan pengintaian dan interferensi jarak dekat.

“FH-97A tidak hanya sensor, tetapi juga gudang amunisi, dan juga asisten cerdas untuk pilot. Ini dapat memperluas kesadaran situasional pilot dan ruang lingkup serangan,” kata seorang sumber, dikutip Global Times.

Sebelumnya di Airshow China 2021, perusahaan Feihong memamerkan generasi baru sistem UAV multiguna siluman berkecepatan tinggi FH-97.

Drone tersebut mengadopsi desain siluman dan memiliki jangkauan 1.000 km.

Perubahan pada FH-97A dibandingkan FH-97 adalah dalam hal muatan elektro-optik dan metode asupan udara.

Muatan elektro-optik FH-97 berada di bawah fuselage, sedangkan muatan elektro-optik FH-97A berada di atas fuselage.

FH-97 menggunakan intake di bagian belakang, sedangkan FH-97A memiliki sisi samping.

Selain itu, ada beberapa perbedaan di ruang senjata. Ruang senjata pada FH-97A dirancang untuk meningkatkan kemampuan manuver dan kecepatan dalam pertempuran udara.

Sedangkan ruang senjata pada FH-97 sebelumnya dirancang untuk misi serangan darat.

Ruang senjata FH-97A dapat membawa delapan rudal udara ke udara yang lebih kecil dan cerdas.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *