Rusia gunakan duet Su-35 dan Su-30 sebagai umpan di Ukraina

Su-35 dan Su-30 Rusia_ Airspace Review
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan, dua jet tempur Rusia telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur Ukraina.

Rusia mengerahkan duet Su-35 dan Su-30 untuk memancing pesawat Ukraina dan kemudian menembaknya.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak mengatakan kapan penembakan itu terjadi dan di wilayah mana di Ukraina.

Namun, taktik yang digunakan oleh Angkatan Dirgantara Rusia untuk menembak jatuh pesawat Ukraina itu disebut sebagai “umpan paket” atau “umpan aero”.

Menurut deskripsi, taktik ini menugaskan satu penempur terbang tinggi dan yang kedua terbang rendah.

Tugas pertama dilakukan oleh Su-35 dengan kemampuan superioritas udara dan menyediakan jangkauan radar hingga 200 km menggunakan N135 Irbis-E.

Sedangkan peran kedua dilakukan oleh Su-30 untuk mengeliminasi sistem pertahanan udara darat musuh.

Dilaporkan Izvestia mengutip keterangan Kementerian Pertahanan Rusia, Su-35 lepas landas membawa beberapa rudal.

Rekaman yang dirilis memperlihatkan, Su-35 membawa dua rudal udara ke udara jarak pendek RVV-MD, dua rudal udara ke udara jarak jauh RVV-BD, dan dua rudal antiradiasi Kh-31P.

Su-35 memastikan terlebih dahulu langit Ukraina bebas dari ancaman dan aman untuk diterobos Su-30 pada ketinggian rendah.

Setelah aman, barulah Su-30 lepas landas dan terbang pada ketinggian rendah untuk mendapatkan kontak visual dengan target.

Penerbangan Su-30 ini diikuti dengan peluncuran rudal udara ke permukaan Kh-29 terhadap sasaran yang telah ditentukan, seperti sistem pertahanan udara, gerbong dan kereta api, maupun jembatan.

Rudal Kh-29 digunakan oleh pilot Rusia untuk mengunci radar musuh. Bahkan ketika rudal masih berada di bawah sayap Su-30 dan belum diluncurkan.

Pencari rudal kemudian mendeteksi target dan mengunci radarnya. Setelah baru pilot meluncurkan rudalnya.

Dikatakan bahwa sangat mungkin sebelum Su-30 meluncurkan rudalnya, sistem pertahanan udara Ukraina telah mendeteksi pesawat itu dengan radarnya.

Namun, peran Su-35 lah yang kemudian bisa mendeteksi radar sistem pertahanan udara Ukraina lebih dulu. Pesawat kursi tunggal itu lalu meluncurkan rudal antiradiasi Kh-31P.

Hal ini tercapai berkat radar N135 Irbis-E yang sangat kuat pada Su-35.

Penembakan terhadap jet tempur Ukraina pun dimungkinkan di mana pesawat Ukraina menghadang Su-30 namun dilumpuhkan oleh Su-35, menurut analisis yang diberikan.

-Poetra-

One Reply to “Rusia gunakan duet Su-35 dan Su-30 sebagai umpan di Ukraina”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *