Delegasi Argentina akan kunjungi India, Tejas siap dimodifikasi

HAL TejasIndian MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Delegasi Argentina yang dipimpin oleh Kepala staf Gabungan Argentina Jenderal Juan Paleo akan mengunjungi ajang DefExpo (18-22 Oktober 2022) di Gandhinagar, India untuk mencari solusi pesawat tempur yang pas.

Angkatan Udara Argentina (FAA) saat ini sedang mencari pengganti jet serang A-4AR Fightinghawk yang harus segera dipensiunkan karena faktor usia pakai.

Buenos Aires awalnya ingin mengakuisisi jet FA-50 Fighting Eagle dari Korea Selatan. Namun rencananya tersebut digagalkan oleh Inggris sebagai pemasok kursi lontar pada pesawat FA-50.

Mendapat penolakan itu, Argentina kemudian menjajaki pilihan lain ke China dan Pakistan yang bekerja sama menjual jet tempur JF-17 Thunder.

Namun, lagi-lagi, muncul kabar tidak sedap bahwa kesepakatan pesawat JF-17 dengan China dibatalkan setelah adanya tekanan dari Amerika Serikat.

Kini, India siap menawarkan jet tempur ringan produk dalam negerinya yakni HAL Tejas LCA (Light Combat Aircraft) untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan Angkatan Udara Argentina.  

Di DefExpo 2022, Jenderal Paleo akan mengunjungi paviliun Hindustan Aeronautics (HAL) untuk bertemu langsung dengan pejabat senior Defense Research and Development Organization (DRDO).

Sumber diplomatik India seperti diberitakan Financial Express mengonfirmasi bahwa pilot Angkatan Udara Argentina sudah berada di fasilitas HAL di Bengaluru untuk menguji LCA Tejas.

Di Bengaluru ini Paleo dan rombongannya akan singgah ke fasilitas HAL dalam perjalanan kembali ke New Delhi.

FAA sekarang dengan kekuatan udara dan armada yang semakin berkurang masih terus mencari pengganti A-4R.

Tawaran HAL kepada Argentina sebenarnya sudah dilakukan tahun lalu. Namun masih ada yang mengganjal karena HAL Tejas masih menggunakan kursi lontar buatan Martin-Baker Inggris.

Guna menghindari terjadinya penolakan dari Inggris, New Delhi pun kemudian memerintahkan HAL untuk mencari alternatif pengganti kursi Martin-Baker.

HAL akan mengganti kursi penyelamat itu dengan produk lain bila kesepakatan dengan Argentina tercapai.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *