TNI AL akan miliki kapal penyapu ranjau canggih dari Jerman

MCMV MHV 60Dispenal
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tim Operational Requirement (Opsreq) TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal Laksma TNI Retiono Kunto selaku ketua tim delegasi monitoring Opsreq melaksanakan peninjauan dua alutsista terbaru, yakni kapal perang jenis MCMV MHV 60 di Galangan Abeking Rasmussen, Bremen, Jerman, Senin (3/10).

Untuk diketahui, dua kapal perang ini dipesan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan RI) sejak tahun 2020 silam. Hal ini diungkapkan oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Airbus_contoh2

Setibanya di Bremen, kedatangan rombongan Ketua tim delegasi monitoring dan tim disambut oleh Dansatgas Yekda MCMV MHV 60 Kolonel Laut (P) Oky I.Z. Dipura beserta para staf.

Dalam kesempatan tersebut pula disampaikan paparan terkait kemajuan pembangunan kapal oleh Dansatgas dan dilanjutkan dengan peninjauan Kapal MCMV MHV 60 di Galangan Abeking Rasmussen.

Tujuan kegiatan monitoring Opsreq untuk memberikan gambaran dan laporan tertulis kepada pimpinan TNI AL tentang pembangunan kapal perang sesuai dengan Opsreq yang diharapkan persyaratanya menjadi pedoman terhadap operasional Alpalhankam.

MCMV MHV 60 merupakan kapal perang jenis pemburu atau penyapu ranjau yang mengusung perlengkapan teknologi canggih.

Dalam misinya MCMV melaksanakan pemburuan ranjau dengan cara deteksi, klasifikasi, identifikasi sasaran bawah permukaan dan menghancurkan atau menetralisasi ranjau dengan sarana yang ada.

Selain itu, kapal MCMV MHV 60 memiliki fungsi tambahan yakni sebagai kapal survei alur dan kontur bawah air dan Search and Rescue (SAR) terbatas.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *