Militer Imarah Islam Afghanistan pamerkan rudal balistik Scud-B dalam parade militer

Rudal Scud B AfghanistanIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Memperingati setahun hengkangnya pasukan Amerika Serikat dari tanah Afghanistan, Militer Imarah Islam Afghanistan menggelar parade militer pada tanggal 1 September 2022.

Parade militer besar-besaran yang diadakan di tempat yang dulunya merupakan pangkalan militer Amerika Serikat terbesar di Afghanistan ini, memamerkan peralatan militer AS dan anggota NATO yang ditangkap, serta sistem peluncur roket multi laras dan rudal balistik era Perang Uni Soviet-Afghanistan.

Dalam sebuah video yang disiarkan oleh sayap media Taliban, terlihat beberapa peluncur roket BM-21 Grad dan BM-27 Uragan, roket artileri Frog-7, dan bahkan rudal balistik Scud-B.

Mengenai rudal Scud-B, dikabarkan Militan Taliban menemukan rudal balistik Scud-B dan hulu ledaknya di Lembah Panjshir di timur Afghanistan pada tahun lalu.

Menurut sumber terbuka, beberapa ratus sistem rudal balistik Scud-B ini diberikan kepada pemerintah Afghanistan pada 1980-an oleh rezim komunis Uni Soviet sebagai bantuan militer.

Scud-B tergolong sebagai rudal balistik taktis dengan jangkauan hingga 300 km, dengan kemungkinan kesalahan melingkar (CEP) antara 450-900 meter.

Misil ini dirancang untuk menyerang target strategis musuh seperti lapangan terbang, pos komando, konsentrasi besar pasukan dan kendaraan tempur, baterai pertahanan udara, depot bahan bakar dan sebagainya

Tak ada informasi, apakah rudal balistik Scud-B ini masih dapat beroperasi dengan baik atau berapa unit yang layak digunakan dari ratusan yang ada

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *