Peletakan lunas kapal induk masa depan AS, USS Enterprise (CVN 80)

Peletakan Lunas USS Enterprise CVN 80 _NAVSEA_ Airspace ReviewNAVSEA

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut AS (US Navy) melakukan upacara peletakan lunas kapal induk masa depan kelas Ford, USS Enterprise (CVN 80).

Upacara dilaksanakan di HII-Newport News Shipyard (NNS), di Newport News, di mana unit lunas seberat 688 ton diletakkan ke dok kering.

Lima tahun sebelumnya, pada 24 Agustus 2017, dilaksanakan upacara pemotongan baja pertama untuk CVN 80, yang menandai tonggak awal konstruksi besar untuk USS Enterprise.

Kapal ini merupakan kapal induk yang ketiga kelas USS Gerald R. Ford (CVN 78) setelah kapal induk kedua USS John F. Kennedy (CVN 79).

Sejalan dengan pembangunan USS Enterprise, Angkatan Laut AS juga sedang membangun kapal induk kelas Ford keempat yaitu USS Doris Miller (CVM 81).

US Navy menyiarkan, pemasangan dok kering CVN 80 terdiri dari 131 super-lift.

Jumlah super-lift berbeda-beda pada setiap pembangunan kapal. Sebagai perbandingan, kru membangun USS Gerald R. Ford (CVN 78) menggunakan 162 super-lift dan USS John F. Kennedy (CVN 79) dengan 155 super-lift.

Untuk USS Enterprise sendiri, ini adalah kapal ke-9 dengan nama yang sama. Kapal pertama yang menggunakan nama ini berdinas mulai tahun 1775.

USS Enterprise terakhir sebelum ini adalah CVN 65 yang berdinas pada 1961–2017.

Saat ini USS Enterprise (CVN 65) ditambatkan di dekat galangan kapal menunggu hasil pernyataan dampak lingkungan dan keputusan Angkatan Laut tentang opsi pembuangan.

Kapal induk kelas USS Gerald R. Ford yang berbobot sekitar 100.000 ton memiliki panjang 333 m, lebar 41 m, dapat beroperasi pada kecepatan lebih dari 30 knot.

Kapal dirancang untuk dioperasikan oleh awak yang lebih kecil dari kapal induk sebelumnya.

Setiap kapal kelas Ford akan memberikan penghematan yang signifikan dalam total biaya kepemilikan selama masa pakai 50 tahun, jika dibandingkan dengan kapal kelas Nimitz yang secara bertahap akan diganti.

USS Enterprise (CVN 80) akan menggantikan peran USS Dwight D. Eisenhower (CVN 69), yang dijadwalkan non aktif pada tahun 2029.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *