Kementerian Angkatan Bersenjata Perancis terima rantis SERVAL 4X4 pertama

SERVAL 4X4Nexter

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Angkatan Bersenjata Perancis telah menerima kendaraan taktis (rantis) Serval 4X4 pertama buatan Nexter dan Texelis.

Ini adalah kendaraan lapis baja ringan multiperan (VBMR) yang dibuat berdasarkan kontrak tahun 2018 oleh Badan Pengadaan Pertahanan Prancis (DGA).

Sebanyak 70 kendaraan ini akan diserahkan kepada Kementerian Angkatan Bersenjata Perancis hingga akhir tahun 2022 dari total pesanan yang mencapai 364 unit.

Rantis lapis baja SERVAL 4×4 adalah salah satu dari empat kendaraan dalam program SCORPION Combat Information System (SICS).

Kendaraan ini dirancang untuk memperbarui kendaraan lapis baja kelas menengah Angkatan Darat Prancis.

SERVAL akan melengkapi eselon darurat nasional Perancis. Kendaraan ini juga akan digunakan di unit infanteri ringan seperti pasukan gunung dan resimen parasut.

Perusahaan mengatakan, SICS mendukung kemampuan tempur kolektif dengan memastikan komunikasi antara semua platform dan sistem senjata jaringan Scorpion.

SICS memungkinkan pertukaran data secara otomatis dan pengambilan keputusan yang tepat waktu oleh para pemimpin kelompok resimen militer.

SERVAL 4X4 memiliki bobot 17 ton dan dapat menjangkau maksimum 600 km serta kecepatan maksimum 90 km/jam.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *