Slowakia akan terima 15 tank Leopard 2A4 dari Jerman

Leopard-2A4-Tank-_Fighting Vehicles
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Slowakia dan Jerman menandatangani perjanjian untuk meningkatkan kerja sama bidang militer.

Dalam kerja sama ini Slowakia akan menerima 15 tank Leopard 2A4 dengan amunisi, suku cadang, dan pelatihan awak dari Jerman.

Hal ini sebagai imbalan karena telah memberikan Ukraina 30 unit kendaraan tempur infanteri BVP-1 era Soviet.

Pertukaran tersebut menggambarkan upaya berkelanjutan oleh negara-negara Eropa untuk menyediakan perangkat keras yang dirancang Soviet kepada militer Ukraina untuk membantu upayanya melawan invasi Rusia.

Sebagai imbalannya, mitra NATO dari negara-negara ini berusaha untuk mengisi kembali kemampuan yang dikurangi atau dilucuti oleh sumbangan persenjataan semacam itu.

Angkatan Bersenjata Slowakia bermaksud untuk menonaktifkan peralatan militer mereka yang mereka warisi setelah pecahnya Cekoslowakia pada tahun 1993.

Sebelumnya, Slowakia menghadiahkan sistem rudal pertahanan udara S-300 yang diproduksi Rusia, 155mm Zuzana 2 self-propelled howitzer (SPH), Grad multiple-launch rocket systems (MLRS) ke Ukraina.

Baru-baru ini, laporan tentang potensi penjualan 11 pesawat tempur MiG-29 dari inventaris Angkatan Udara Slowakia ke Ukraina telah muncul.

Pilot Ukraina sudah menerbangkan MiG-29 sehingga akan ada sedikit pelatihan tambahan yang diperlukan untuk segera menggunakan jet Slowakia.

Leopard 2 merupakan tank tempur utama generasi ke-3 yang awalnya dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada 1970-an untuk tentara Jerman Barat.

Tank ini pertama kali memasuki layanan pada tahun 1979 dan menggantikan Leopard 1 sebelumnya sebagai tank tempur utama Angkatan Darat Jerman.

Leopard 2 Ini dipersenjatai dengan meriam smoothbore 120 mm, dan didukung oleh mesin diesel V-12 twin-turbo.

Berbagai versi telah bertugas di angkatan bersenjata Jerman dan 13 negara Eropa lainnya, serta beberapa negara non-Eropa, termasuk Kanada, Chili, Indonesia, dan Singapura. Ada dua batch pengembangan utama dari tank: model asli hingga Leopard 2A4, dan batch yang ditingkatkan, yaitu Leopard 2A5 dan versi yang lebih baru.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *