IAI luncurkan radar ELM-2238X STAR-X untuk kapal OPV

ELM-2238X STAR-XIAI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Israel Aerospace Industries (IAI) telah meluncurkan model baru radar angkatan laut ELM-2238X STAR-X yang dirancang untuk kapal patroli lepas pantai (OPV) dan kapal kecil lainnya.

STAR-X juga dapat berfungsi sebagai radar pencarian sekunder untuk kapal angkatan laut yang lebih besar.

Radar ini didasarkan pada teknologi Elta Active Electronic Scanned Array (AESA) IAI. Radar dirancang untuk melakukan pengawasan udara dan permukaan secara simultan.

Selain itu, dapat digunakan untuk melakukan misi kritis di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), seperti kontra-terorisme, penyelundupan, dan perompakan, hingga pencarian dan penyelamatan dan hingga misi pertempuran laut terbuka penuh.

Perusahaan mengatakan, radar ini meningkatkan Situational Awareness Picture (SAP) kapal perang dengan jangkauan jarak pendek hingga menengah dan kemampuan resolusi tinggi.

Beroperasi di X-band dan menerapkan teknologi AESA di ketinggian, radar melakukan pengawasan permukaan dan udara 3D secara simultan.

STAR-X menawarkan kemampuan deteksi, pelacakan dan klasifikasi yang unggul dari kapal permukaan serta ancaman udara seperti jet tempur, helikopter, dan target RCS rendah seperti drone dan rudal.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published.