20 tahun Rosoboronexport: Indonesia mitra yang dapat diandalkan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Indonesia dinilai sebagai mitra sejak lama yang dapat diandalkan oleh badan penjual persenjataan Rusia, Rosoboronexport (bagian dari perusahaan negara Rostec).

Pada tanggal 4 November 2020 ini Rosoboronexport (ROE) genap berusia 20 tahun sejak didirikan pada 4 November 2000 berdasarkan keputusan Presiden Federasi Rusia.

Sejak 1991, meneruskan Uni Soviet yang bubar, Federasi Rusia telah memasok Indonesia dengan jet tempur modern, helikopter, kendaraan tempur infanteri, senjata ringan, perlengkapan dan senjata lainnya.

Pada 2010, kata ROE dalam siaran persnya, perjanjian Rusia-Indonesia ditandatangani untuk memperkuat kerja sama militer-teknis antara kedua negara.

Dalam kerangka kerja sama teknis militer antarpemerintah kedua negara, Rosoboronexport adalah peserta tetap pameran persenjataan dan peralatan militer internasional Indo Defence Expo & Forum di Jakarta.

Indonesia, kata ROE, menjadi pembeli asing pertama pengangkut personel lapis baja amfibi BT-3F Rusia yang baru.

BT-3F

Dalam pengembangan kendaraan tempur ini, lanjut ROE, permintaan dari Indonesia terkait aspek spesifik pengoerasian BMP-3F untuk Korps Marinir telah ikut diperhitungkan.

ROE berharap, pengembangan lebih lanjut dan peningkatan kerja sama dengan Indonesia menjadi salah satu prioritas yang dapat ditingkatkan.

Roni Sontani

2 Replies to “20 tahun Rosoboronexport: Indonesia mitra yang dapat diandalkan”

  1. kalo ga salah si Rosoboron ini semacam agen (makelar wkwkw) juga ya ? @Roni Sontani apakah ga bisa om kita beli langsung dari Pabrikan saja ? jadi Kemenhan RI beli direct ke Sukhoi ?

    1. Rosoboronexport adalah badan resmi negara Rusia yang ditunjuk untuk ekspor/impor sistem persenjataan/pertahanan. Lembaga ini didirikan melalui keputusan Presiden Federasi Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *