Rosoboronexport raup ekspor persenjataan 180 miliar dolar AS selama 20 tahun

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Badan penjual persenjataan Rusia, Rosoboronexport (bagian dari Rostec), telah mengirimkan perangkat keras militer senilai 180 miliar dolar AS kepada pelanggan asing selama 20 tahun.

Rosoboronexport (ROE) telah menawarkan hampir 50 sistem persenjataan baru ke pasar dunia. Penjualan ini telah meningkat lima kali lipat sejak tahun 2000 saat Rosoboronexport didirikan.

Dalam siaran persnya, CEO Rostec Sergei Chemezov menyatakan, ROE telah menyelesaikan lebih dari 26.000 kontrak dengan mitra dan mengirimkan produknya kepada 122 negara di dunia.

Sementara itu CEO Rosoboronexport Alexander Mikheyev menambahkan, Rusia terus memegang posisi kedua di pasar senjata global.

“Mitra asing kami telah menerima perangkat keras senilai lebih dari $ 85 miliar untuk Angkatan Udara mereka. Pengiriman untuk pertahanan udara dan pasukan darat pelanggan kami telah mencapai $ 30 miliar untuk masing-masing cabang militer, dan lebih dari $ 28 miliar untuk Angkatan Laut mereka,” tambah Mikheyev.

Produk-produk baru

Rosoboronexport didirikan pada 4 November 2000. Saat ini ROE merupakan satu-satunya perantara negara di Rusia untuk ekspor dan impor seluruh produk, teknologi dan layanan militer, serta pengunaan ganda.

Sesuai dengan prinsip satu jendela, Rosoboronexport diberdayakan untuk mengekspor dan mengimpor tidak hanya peralatan militer untuk layanan bersenjata, tetapi juga produk penggunaan ganda dan sipil.

Di tengah pandemi COVID-19, ROE tidak hanya memenuhi semua kewajibannya kepada pelanggan, tetapi juga terus secara rutin memperkenalkan model baru senjata, peralatan militer, dan produk sipil ke pasar global serta memperluas praktik kemitraan industri.

Beberapa produk baru yang diluncurkan adalah radar 59N6-TE yang mampu mendeteksi target hipersonik, kendaraan tempur beroda Boomerang, dan peralatan terbaru untuk memerangi ancaman epidemiologis.

T-90MSKamal Kishore/Reuters

Kemudian ada tank tempur utama T-90MS, tank amfibi ringan Sprut-SDM1, sistem peluncur roket jarak jauh Tornado-S, dan helikopter medium multiguna Mi-38T.

Untuk matra laut, diluncurkan kapal penanggulangan ranjau Proyek 12701 Alexandrit-E, kapal khusus antisabotase Project 21980E Grachonok, sistem rudal pesisir.

Segmen baru

Segmen baru yang digarap Rosoboronexport di antaranya adalah prduk sipil berteknologi tinggi untuk pasar global, termasuk peralatan keamanan untuk Kementerian Dalam Negeri, Garda Nasional, gendarmerie , layanan perbatasan, bea cukai dan migrasi, pasukan tujuan khusus, pertahanan dan penyelamatan sipil, dan lembaga penegak hukum lainnya.

Di segmen senjata tidak mematikan, sipil dan senjata kecil dinas, sejumlah kontrak ekspor telah ditandatangani.

“Mitra asing menunjukkan minat yang tinggi pada proposal Rusia untuk pembuatan pusat medis anti-infeksi seluler, sistem untuk memantau dan menanggapi keadaan darurat, serta dalam sistem otomatis yang komprehensif,” tulis ROE.

Pada Oktober 2020, di Pameran Internasional XXIV tentang Sarana Ketentuan Keamanan Negara Interpolitex-2020 di Moskow, ROE memperkenalkan untuk pertama kalinya sistem inspeksi seluler untuk transportasi dan kargo, yaitu senapan presisi tinggi DVL-10-M3 Volkodav.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *