Kapal selam nuklir terbesar di dunia Dmitry Donskoy kembali ke pangkalan

Kapal selam Dmitry DonskoyDmitry Donskoy

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal selam bertenaga nuklir terbesar di dunia milik Rusia, Dmitry Donskoy (TK-208), telah kembali ke pangkalan Armada Utara di Severodvinsk.

Selama kurang lebih satu bulan, kapal selam dengan panjang 175 m dan diawaki 160 orang ini melaksanakan berbagai misi termasuk tugas pelatihan tempur.

“Pada 26 Juli, kapal selam nuklir Dmitry Donskoy kembali dari Laut Putih ke pangkalan angkatan laut Belomorsk di Severodvinsk. Selama sekitar satu bulan, kapal selam itu melakukan berbagai tugas pelatihan tempur,” ujar sumber militer kepada TASS pada hari Rabu.

Selain itu, Dmitry Donskoy mengambil peran dalam uji coba berbagai kapal selam yang saat ini sedang dibangun oleh galangan kapal Sevmash.

Kapal selam Dmirty Donskoy (NATO: Typhoon) dibangun pada 30 Juni 1976 dan diluncurkan pada September 1980. Setahun kemudian pada 29 Desember 1981 kapal selam Project 941 Akula ini memasuki dinas militer.

Kapal yang ditenagai dua reaktor nuklir OK-650 ini  dilengkapi dengan persenjataan berupa 20 unit rudal balistik RSM-56 Bulava, empat tabung torpedo 533 mm, dan 2 tabung torpedo 650 mm.

Peluncuran pertama rudal Bulava dilakukan oleh Dmitriy Donskoy pada 27 September 2005.

Kapal ini muncul ke permukaan dan menembakkan rudal dari satu titik di Laut Putih.

Kemudian pada 21 Desember 2005, sistem rudal baru tersebut diuji di bawah air untuk pertama kalinya.

Penembakan rudal Bulava dari bawah permukaan air berhasil mencapai target di Kura Test Range, Semenanjung Kamchatka.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *