Taiwan perlihatkan latihan jet F-16V membawa rudal Harpoon

Rudal AGM-84L Harpoon dimuat ke pesawat F-16V ROCAFROCAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Taiwan, atau dikenal sebagai Angkatan Udara Republik China (ROCAF), telah merilis foto-foto yang jarang dipublikasikan selama ini.

Foto-foto tersebut menunjukkan personel ROCAF sedang memuat rudal AGM-84L Harpoon ke jet tempur F-16 Viper di sebuah terowongan bawah tanah yang terhubung ke Pangkalan Angkatan Udara Chiashan.

ROCAF menyatakan hal ini merupakan bagian dari latihan militer tahunan Han Kuang.

Disebutkan bahwa pesawat yang ada dalam foto berasal dari Wing Komposit Taktis ke-5 ROCAF.

Harpoon merupakan rudal antikapal segala cuaca, over-the-horizon, yang dikembangkan dan diproduksi oleh McDonnell Douglas (sekarang Boeing Defense, Space & Security).

Rudal Harpoon kemudian dikembangkan menjadi rudal jelajah di antaranya AGM-84E Standoff Land Attack Missile (SLAM) dan AGM-84H/K SLAM-ER (Standoff Land Attack Missile – Expanded Response).

Selain rudal Harpoon, personel ROCAF juga memuat rudal udara ke udara AIM-120C Advanced Medium-Range Air-To-Air Missile (AMRAAM) juga terlihat dipasang pada ujung sayap F-16 bersama dengan Sidewinder AIM-9L/M di bawah sayap.

Pengamat menilai, rilis foto-foto F-16 ROCAF sedang melakukan latihan tempur tahunan memperlihatkan kesiapan angkatan udara negara itu untuk menghadapi berbagai ancaman.

Saat ini ketegangan Taiwan dengan China terus meningkat, menimbulkan kekhawatiran berbagai negara.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *