Ini helikopter yang diangkut pesawat Airbus Beluga ke Brasil

ACH160Airbus

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Belum lama ini pesawat angkut Beluga milik Airbus Transport International mendarat di Bandara Viracopos, Campinas (SP) di Brasil.

Kedatangan pesawat berbentuk hewan mamalia laut tersebut menarik perhatian. Sebanyak 150 fotografer mendaftar untuk memotret kedatangan pesawat itu.

Airbus Beluga terbang dari Fortaleza (CE), di mana ia tiba di Brasil pada hari Minggu.

Lalu apa yang diangkut oleh Beluga ke Brasil?

Tidak lain pesawat berkapasitas angkut 47 ton itu membawa sebuah helikopter ACH160. Ini adalah Airbus Corporate Helicopter untuk penerbangan VIP.

Helikopter ACH160 adalah salah satu yang paling modern di pasaran.

Heli ACH160 diangkut dari fasilitas Airbus di Marignane. Beluga terbang ke Brasil melalui Toulouse lalu ke Dakar di Senegal untuk berhenti semalam.

Lalu keesokan harinya pesawat terbang ke Fortaleza dan tiba di Bandara Viracopos, Campinas pada 25 Juli.

Sumber menyebutkan helikopter tersebut akan dikirimkan ke Helibras, perusahaan dari grup Airbus Helicopters di Brasil.

Heli ini akan dipamerkan di sebuah pameran lokal dan akan diakuisisi oleh bank investasi BTG Pactual, yang juga memiliki jet Bombardier Global Express 7500 dalam armadanya.

Ini adalah helikopter pertama dari model ini yang dikirim di Brasil, yang terbaru dikembangkan oleh Airbus.

ACH160 merupakan heli yang terbang cepat, modern, dan sangat nyaman. Heli ini merupakan turunan dari H160 (sebelumnya X4) yang merupakan helikopter utilitas kelas medium.

Heli ini diluncurkan secara resmi di Heli-Expo di Orlando, Florida pada 3 Maret 2015 untuk menggantikan model AS365 dan EC155.

Uji penerbangan pertama H160 dilaksanakan pada Juni 2015. Heli ini menerima sertifikasi tipe EASA pada Juli 2020 dan pengiriman pertama dilakukan pada Desember 2021.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *