Kamov Ka-92, heli supercepat asal Rusia pesaing Sikorsky-Boeing SB-1 Defiant dari AS

Kamov Ka-92Kamov
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspacer-review.com) – Rusia, melalui biro desain Kamov tengah mengembangkan helikopter berkecepatan tinggi untuk masa depan dinamai sebagai Ka-92.

Seperti helikopter rancangan Kamov lainnya, Ka-92 mengusung rotor utama model koaksial, bertumpuk dua (masing-masing empat bilah) dan berputar lawan arah.

Untuk menambah laju kecepatannya saat terbang jelajah, Ka-92 dibekali mesin pusher tumpuk dua di belakang yang juga berputar lawan arah.

Didukung dengan peningkatan aerodinamis dan penggunaan mesin pusher-nya tersebut, Ka-92 diharapkan dapat mencapai kecepatan jelajah hingga 430 km/jam.

Disebutkan, prototipe Ka-92 akan dibekali dua mesin turboshaft Klimov VK-2500 yang dilengkapi dengan gearbox baru. Namun direncanakan juga untuk memasang versi mesin VK-3000 yang lebih bertenaga.

Ka-92 dirancang sebagai helikopter angkut medium berat serbaguna dengan berat lepas landas maksimum (MTOW) 16 ton.

Versi sipil untuk transportasi penumpang, dapat menampung 30 orang yang membawanya terbang bepergian hingga sejauh 1.400 km.

Ka-92 juga bakal dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan militer seperti transportasi prajurit atau logistik, SAR dan kebutuhan misi lainnya.

Pada 2015, proyek pengembangan heli cepat Rusia yakni Ka-92 dan Mi-X1 yang semula dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, dialihkan ke Kementerian Pertahanan.

Model skala Ka-92 sebenarnya telah diperlihatkan kehadapan publik saat ditampilkan pada pameran HeliRussia 2009. Prototipenya direncanakan terbang sebelum 2022.

Jika kelak terealisasi, Ka-92 akan bersaing dengan heli cepat buatan Amerika Serikat, Sikorsky-Boeing SB-Defiant yang berkecepatan 460 km/jam, namun dengan jumlah penumpang yang hanya setengahnya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *