Fregat Tipe 23 Inggris berhasil lacak pergerakan kapal selam Rusia

HMS Portland deteksi kapal selam Severodvinsk RusiaPA Media

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah kapal perang Angkatan Laut Inggris, fregat Tipe 23 yaitu HMS Portland berhasil melacak pergerakan dua kapal selam Rusia saat mereka berlayar ke Laut Utara.

Saat itu kapal selam rudal jelajah Severodvinsk dan kapal selam serang kelas Akula, Vepr, melakukan perjalanan bawah laut ke selatan di sepanjang pantai Norwegia dari Kutub Utara.

Naval Today melaporkan, fregat Tipe 23 membayangi kapal selam Rusia saat mereka muncul secara terpisah di Laut Utara, barat laut Bergen, Norwegia, pada 16 dan 19 Juli.

Pengawasan dilakukan sebelum pasukan NATO dan Baltik mengambil alih tugas saat kapal-kapal selam itu melanjutkan perjalanannya ke St Petersburg untuk perayaan Hari Angkatan Laut Rusia pada 31 Juli.

HMS Portland dan helikopter Merlin dilengkapi dengan sonar, sensor, dan torpedo mutakhir untuk operasi perburuan kapal selam, melaporkan pergerakan kapal Armada Utara Rusia.

Salah satu pesawat patroli maritim jarak jauh baru Angkatan Udara Kerajaan (RAF), P8 Poseidon, juga dilibatkan untuk memburu dan melacak kapal selam Rusia itu.

Operasi ini dilakukan segera setelah HMS Portland mengambil bagian dalam latihan berburu kapal selam NATO, kata Komandan HMS Portland Commander (Letkol) Tim Leeder..

Latihan gabungan skala besar tersebut terbukti menjadi awal yang ideal untuk jenis operasi langsung.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *