Mengenal F-16I Sufa, Fighting Falcon spesial ala Israel

F-16I SufaIAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – F-16I Sufa (Soufa), merupakan varian modifikasi khusus dari jet tempur F-16D Fighting Falcon Block 50 dan 52.

Israel memodifikasi lebih lanjut pesawat buatan Lockheed Martin ini dengan avionik dan sistem persenjataan ala mereka.

Airbus_contoh2

Angkatan Udara Israel (IAF) memesan 50 F-16I pada 2001 dan menandatangani perjanjian untuk tambahan 52 unit di tahun yang sama.

IAF hanya menggunakan F16I dalam konfigurasi dua kursi saja (tandem) yaitu dari varian F-16D.

F16I melakukan penerbangan perdananya pada bulan Desember 2003. Setahun kemudian, dua pesawat pertama dikirim ke IAF di Pangkalan Udara Ramon pada Februari 2004.

Pengiriman terakhir armada elang besi Israel ini dilaksanakan pada tahun 2009.

Komponen dalam negeri

Pabrik pesawat Israel Aerospace Industries (IAI) turut membuat komponen untuk F-16I di dalam negeri.

Mereka membuat komponen badan pesawat dan juga memproduksi komponen avionik di Israel khusus untuk Soufa maupun untuk varian F-16 lainnya.

IAI dan Cyclone Aviation Products di Carmiel juga memproduksi sirip perut, kemudi, penyetabil horizontal, dan lubang untuk akses mesin.

Komponen-komponen tersebut dikirim ke AS dan dirakit secara keseluruhan di fasilitas Lockheed Martin Aeronautics di Fort Worth, Texas.

Perlu diketahui, kokpit di kursi depan pesawat adalah untuk pilot, sementara kokpit di kursi belakang dikonfigurasi untuk operator sistem senjata. Namun dengan hanya single switch, kokpit belakang bisa digunakan untuk instruktur pilot.

Displai Elbit Dash IV dan sistem penglihatan helmet melengkapi F-16I. Hal ini memungkinkan pilot untuk mengarahkan senjata dengan melihat target.

Dash IV mempersingkat waktu prosedur penguncian dalam penugasan. Sementara helmet mengukur garis pandang pilot ke target sehingga sensor, avionik, dan senjata terikat pada target.

Dash IV meningkatkan kesadaran situasi dengan membantu pilot mendeteksi target secara visual pada sudut tinggi dari hidung pesawat, memberikan informasi penting ke segala arah yang dilihat pilot.

F-16I juga dilengkapi dengan tampilan layar lebar buatan Elop dan tampilan multifungsi warna 4 X 4 inci definisi tinggi (120ppi) yang dipasok oleh Astronautics CA dari Petah Tikva, Israel.

Fitur lainnya adalah tampilan peta bergerak berwarna, peralatan perekaman video digital, pencahayaan kokpit dan pencahayaan strip eksternal yang kompatibel dengan kacamata penglihatan malam, serta set transfer data berkapasitas tinggi.

Senjata F-16I

Untuk persenjataan, F-16I dilengkapi dengan rudal udara ke udara jarak pendek Python 4 serta rudal udara ke duara BVR (Beyond Visual Range) Python 5 dan Derby, seluruhnya buatan Rafael.

Derby merupakan rudal segala cuaca yang dilengkapi pencari radar aktif, kemampuan melihat ke bawah/menembak jatuh, mengunci sebelum atau sesudah peluncuran, dan electronic countermeasures counter (ECCM) yang dapat diprogram.

Sementara untuk senjata udara ke permukaan, F-16I dilengkapi dengan rudal antikapal, rudal antiradiasi, bom berpemandu laser, bom berpemandu GPSm dan amunisi serangan landasan buatan Israel Military Industries (IMI).

-RBS/Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *