Ceko putuskan ganti jet tempur Gripen dengan F-35 baru dari AS

ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Republik Ceko telah memutuskan untuk mengganti armada Gripen yang disewa dari Swedia dengan F-35A buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Pemerintah Ceko melalui Kementerian Pertahanan negara itu mengumumkan, akan memulai negosiasi dengan AS mengenai rencana akuisisinya.

Menteri Pertahanan Ceko Jana Cernochová menyatakan, berniat membeli 24 pesawat pesawat F-35. Sementara saat ini Angkatan Udara Ceko mengoperasikan 14 jet tempur Gripen.

Direncanakan, F-35A akan mulai digunakan oleh Angkatan Udara Ceko pada tahun 2027 berbarengan dengan berakhirnya masa sewa armada Gripen dari Swedia.

“Keputusan kami untuk memilih opsi ini didasarkan pada analisis Angkatan Bersenjata Ceko, yang dengan jelas mengartikulasikan bahwa hanya pesawat tempur generasi ke-5 paling canggih yang dapat memenuhi persyaratan misi di medan perang masa depan,” jelas Menteri Cernochová.

Menurut perkiraan ahli, pembelian F-35A oleh Republik Ceko akan menjadi akuisisi dengan nilai terbesar negara itu selama ini.

Meski demikian, bila rencana pembelian F-35 ini tidak tercapai kesepakatan, maka tidak menutup kemungkinan untuk opsi lain.

“Kalau sampai Oktober 2023 tidak tercapai kesepakatan, kita tidak akan menutup jalan untuk solusi lain,” ujar Menteri Pertahanan Republik Ceko.

Ceko menyewa armada Gripen sejak 2005. Angkatan Udara Ceko mengoperasikan 12 pesawat single-seater dan dua jet tempur kursi tandem.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *