Tebakan jet siluman terbaru China yang akan terbang perdana: H-20

H-20
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – China dikabarkan dalam waktu dekat akan melaksanakan penerbangan perdana pesawat jetnya yang masih dirahasiakan.

Publik langsung menebak kalau pesawat dimaksud adalah H-20, si pembom siluman yang bentuknya menyerupai pembom B-2 Spirit dari Amerika Serikat.

Xian H-20 (Hōng-20) walau belum pernah diperkenalkan secara resmi kepada publik, namun bocoran desainnya telah beredar luas di media sosial sejak beberapa tahun yang lalu.

Pengembangan H-20 sendiri mulai terungkap pada 2016.

Ini merupakan calon pesawat pembom siluman (stealth) subsonik untuk Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF).

Kehadiran H-20 akan menjadi pesaing terdekat bomber Northrop Grumman B-21 Raider dari Amerika Serikat yang sedang siap-siap melaksanakan penerbangan perdananya juga.

H-20 juga mengadopsi sayap terbang (flying wing) dengan bentuk sayap kelelawar. Posisi masukan udara (air intake) juga berada di atas berada di sisi samping kokpit.

Sebagai dapur pacu ditengarai H-20 menggunakan empat turbofan non afterburner WS-10A.

Diperkirakan, bomber subsonik ini memiliki radius tempur antara 8.000-12.000 km.

Pesawat mengusung muatan bom atau rudal jelajah baik berhulu ledak konvensional atau nuklir dengan kisaran berat 10-20 ton.

Dengan jangkauan dan muatannya, pembom H-20 digadang mampu menyasar pangkalan AS di Guam hingga Hawaii. H-20 juga dapat menusuk hingga ke pesisir utara daratan Australia.

Dengan hadirnya pembom H-20, China masuk ke dalam tiga negara pembuat pembom siluman.

Seperti diketahui, AS saat ini sedang menyiapkan pembom B-21 Raider pengganti B-2 Spirit. Sementara Tupolev dari Rusia sedang membangun PAK-DA.

Banyak analis menyebut, AS harus waspada dengan akan munculnya pembom strategis siluman China.

Belum diketahui pasti tanggal kapan H-20 akan menjalani uji terbang perdananya.

Namun disebut-sebut, pesawat ditargetkan dapat berdinas di PLAAF pada 2025 mendatang.

Tampaknya memang betul, China berupaya menyingkap kemunculan H-20 secara perlahan sampai pesawat ini mengudara nantinya.

-RBS/Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *