Si Petir Berburu Musang Madu di Langit Wisconsin

AIRSPACE-REVIEW.com – Jet-jet tempur siluman F-35A Lightning II Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) berburu L-159E Honey Badger milik Draken International dalam ajang latihan tahunan Northern Lightning di Volk Field, Wisconsin, Amerika Serikat.

Perburuan ‘Si Petir’ terhadap ‘Musang Madu’ dilaksanakan pada 12-23 Agustus 2019. Northern Lightning Exercise merupakan latihan udara militer melibatkan beragam jet tempur multiperan.

Latihan pada Agustus ini merupakan yang kedua kali dilaksanakan tahun ini setelah yang pertama dihelat pada Mei lalu.

Materi pertempuran udara dilaksanakan secara real di mana pilot beradu taktik dan strategi melumpuhkan musuh-musuhnya.

Penyelenggara latihan, Draken International, menyediakan air battle space dengan kondisi penuh ancaman termasuk ancaman perang elektronik dan sistem pertahanan udara berbasis rudal darat ke udara.

YouTube

Draken International sendiri ikut terlibat dalam latihan ini dengan menurunkan pesawat multiperan L-159E Honey Badger mereka. Pesawat ini merupakan varian ekspor L-159 ALCA yang dibuat khusus sesuai permintaan Draken International.

L-159E berkursi tunggal buatan Boeing dan Aero Vodochody didesain mampu melaksanakan berbagai peran. Mulai dari pertempuran udara ke udara, udara ke darat, hingga misi pengintaian.

YouTube

Draken International yang menjadi kontraktor pelatihan udara militer di lamannya menerangkan, L-159E mampu membawa beragam persenjataan standar NATO. Pesawat ini juga dilengkapi pod Litening dan berbagai perangkat untuk melaksanakan serangan elektronik.

Dikutip Defence-Blog.com (15/8), selain melibatkan F-35A dari Wing Tempur ke-33 USAF, dalam Northern Lightning kali ini turut serta jet tempur F-22, F-16, EA-18, dan C-130 sebagai pesawat pendukung.

Dalam tayangan video di YouTube, terlihat juga F-35B milik Skadron Tempur Serang Marinir 211 (VMFA-211).

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *