Latihan penembakan senjata berat Yonkav 1 Kostrad di Baturaja

Leopard 2 RI Yonkav 1 Kostrad melaksanakan latihan penembakanYonkav 1
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1/Badak Ceta Cakti, Kostrad melaksanakan Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) menggunakan kendaraan tempur (Ranpur) di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan pada 5 Juli 2022.

Komandan Yonkav 1 Kostrad Letkol Kav I.F. Andi Yusuf Kertanegara mengatakan, sasaran latihan yang ingin dicapai meliputi dua aspek.

Boeing_contoh2

Keduanya adalah sasaran kuantitatif bagi seluruh personel yang menjabat sebagai Penembak Kanon dan sasaran kualitatif dengan tujuan mampu menembak senjata berat Ranpur dengan baik.

“Latbakjatrat Ranpur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan profesionalisme dan mengasah kemampuan tempur prajurit korps Kavaleri yang di kenal dengan Tri Daya Cakti, yaitu daya gerak, daya tembak, dan daya kejut,” ujar Andi dikutip dari rilis Yonkav 1 Kostrad.

Ditambahkan, para penembak diharuskan mampu menghancurkan sasaran sesuai target berupa lesan yang telah disiapkan.

Dalam latihan penembakan senjata berat ini, Yonkav 1 Kostrad menggunakan empat unit tank tempur utama Leopard 2 RI bersenjata Kanon kaliber 120 mm dan satu unit Marder 1A3 bersenjata kanon Rheinmetall Rh202 kaliber 20 mm.

Untuk jarak tembak kanon 120 mm sejauh 2.000 m dan jarak senjata RRh 202 sejauh 1.000 m.

Latihan dilaksanakan selama dua hari pada 4-5 Juli 2022.

Selama pelaksanaan menembak berjalan aman dan lancar tanpa ada suatu kerugian personel maupun materil.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *