Sistem jammer Hensoldt “Kalaetron Attack” bisa bungkam radar musuh

HENSOLDT KALAETRON ATTACK JAMMING SYSTEMHensoldt

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Hensoldt dari Jerman mengklaim sistem jammer radar “Kalaetron Attack” buatannya bisa membungkam gangguan berbagai jenis radar pertahanan udara musuh.

Hal ini telah dibuktikan dalam uji coba di darat dan uji lapangan yang ekstensif, kata Hensoldt dalam rilisnya pada 28 Juni.

Pengukuran dalam berbagai skenario yang relevan secara operasional menunjukkan bahwa Kalaetron Attack dapat dapat mendeteksi radar pertahanan udara terbaru musuh dan mengganggunya melalui sinyal jamming yang diarahkan dengan tepat.

Efektivitas dan daya tanggap sistem ini didasarkan pada teknik kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan klasifikasi ancaman asing serta evaluasi yang cepat terhadap sejumlah besar data.

“Kontrol spektrum elektromagnetik merupakan prasyarat penting untuk keunggulan informasi, dan dengan demikian keberhasilan misi militer dan perlindungan tentara sendiri,” ujar Celia Pelaz, Chief Strategy Officer dan Kepala Divisi Dominasi Spektrum di Hensoldt mengenai produknya.

Dikatakan, sistem jamming Kalaetron Attack dapat digunakan antara lain untuk sistem perlindungan diri dan pengintaian sinyal di Angkatan Bersenjata Jerman.

Selain elemen perangkat lunak kognitif, elemen inti perangkat ini adalah sensor broadband yang sepenuhnya digital dan jammer yang dapat dikontrol secara elektronik.

Pencetakan 3D metalik memungkinkan desain komponen elektronik yang ringkas sehingga jammer dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam format pod yang umum digunakan di seluruh dunia atau langsung ke berbagai platform terbang.

Kalaetron Attack dirancang untuk dapat diintegrasikan pada pesawat tempur Eurofighter Typhoon.

Karena skalabilitasnya, sistem ini juga dapat digunakan dalam aplikasi berbasis darat atau kapal, lanjut Pelaz.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *