banner roe

Jet tempur Korea-Indonesia KF-21 mendekati waktu penerbangan perdananya

KF-21 BORAMAE SIAP MELAKSANAKAN UJI TERBANG PERDANAKAI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Prototipe 001 jet tempur KF-21 Boramae (Elang) hasil kolaborasi antara Korea Selatan dan Indonesia tengah menanti uji terbang perdananya yang di jadwalkan dilaksanakan bulan Juli 2022.

Korea Aerospace Industries (KAI) sedang mempersiapkan First Flight Readiness Review (FFRR) dan memastikan kesiapan komponen dan Line-Replaceable Unit (LRU) untuk kegiatan penerbangan tersebut.

Proses persiapan uji coba terbang ini dilakukan oleh KF-21 CCT (Combined Test Team) yang terdiri dari KAI, Angkatan Udara Republik Korea (RoKAF), dan Defense Acquisition Program Administration (DAPA).

CTT akan mengoperasikan sebanyak enam (6) prototipe KF-21 yang dapat diterbangkan dan dua (2) prototipe struktural untuk penilaian.

Dari enam pesawat yang dapat diterbangkan, empat di antaranya adalah platform satu kursi dan dua platform kursi ganda (tandem).

Keenam prototipe terbang KF-21 dapat melakukan berbagai jenis uji coba dan evaluasi seperti melakukan uji kompatibilitas mesin, lalu dua prototipe lainnya untuk uji darat seperti getaran dan lainnya.

Penerbangan jet tempur yang dijuluki juga sebagai Baby Raptor ini (karena tampilan fisiknya mirip jet siluman F-22 Amerika Serikat) akan dilakukan dari fasilitas pabrik di Sacheon.

Rangkaian uji coba sertifikasi akan berlangsung penuh hingga 2026.

Kelompok pertama jet tempur gen-4,5 ini akan mulai beroperasi pertama kali untuk RoKAF pada 2028 dan TNI AU menyusul setelah itu.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.