Rusia gunakan misil 300 mm terbaru dalam invasi ke Ukraina

9M544Istimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Militer Rusia menembakkan misil presisi tinggi terbaru ke kota-kota Ukraina di wilayah Donetsk, menurut pejabat Kepolisian Nasional Ukraina.

Polisi Nasional telah merilis foto-foto yang menunjukkan puing-puing misil 9M544 yang ditemukan di wilayah Donetsk di Donbas, mengutip Defence Blog.

9M544 adalah versi serangan presisi dari roket Tornado-S dengan unit pemandu dan kontrol 9B706. Unit ini mengubah roket tak terarah 300 mm menjadi amunisi berpemandu.

Roket berpemandu telah mencapai peningkatan jangkauan dan akurasi dibandingkan tipe sebelumnya dengan melengkapi modul hidung dengan kemudi aerodinamis dan mengintegrasikan sistem kontrol 9B706 dengan peralatan radio elektronik.

9B706 menggunakan sistem navigasi inersia strapdown CH398M (SINS), yang menerima data dari kecepatan sudut dan sensor percepatan linier.

Tornado-S MLRS merupakan salah satu peluncur roket multipel yang paling kuat di dunia, didapuk untuk menggantikan teknologi sebelumnya dari beberapa peluncur roket Rusia, seperti BM-21 Grad, BM-27 Uragan dan BM-30 Smerch.

Kendaraan Tornado-S didasarkan pada sasis truk militer MZKT-79306 8×8, yang memberikan mobilitas taktis yang tinggi di segala medan.

Kendaraan dilengkapi dengan modul peluncur roket 30 mm, yang dapat meluncurkan semua roket Smerch mutakhir, bersama dengan muatan hulu ledak HE-FRAG, incendiary, thermobaric, cluster dengan ranjau anti personil atau antitank.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.