Batch pertama 70 Cougar MRAP pesanan Polandia telah dikirimkan

Cougar MRAPIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Cuitan dari Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Błaszczak pada 20 Juni 2022 menyebutkan, batch pertama sebanyak 70 unit Cougar MRAP (Mine Resistant Ambush Protected) pesanan negaranya telah dikirimkan.

Sebelumnya, pada Desember 2021, Kementerian Pertahanan Polandia menandatangani perjanjian terkait pembeliam 300 unit Cougar MRAP termasuk paket logistik dan pelatihan.

Kendaraan ini merupakan surplus dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Selanjutnya akan segera diserahkan ke unit militer yang terletak di Polandia timur.

Mengenai Cougar MRAP, keluarga ranpur ini diproduksi oleh Force Protection Inc. Amerika Serikat yang desain aslinya berasal dari Afrika Selatan dirancang oleh Technical Solutions South Africa.

Pada awal 2004, Cougar baru dirancang oleh tim kecil dari Spartan Motors dan Force Protection, Inc. sebagai tanggapan atas kebutuhan mendesak Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) .

Cougar baru ini didesain ulang berdasarkan evolusi teknologi perlindungan kendaraan tahan ranjau yang digunakan oleh Angkatan Darat Afrika Selatan dengan mengintegrasikan teknologi baru.

Mengadopsi desain bodi monocoque dan lambung berbentuk V berfungsi untuk mengarahkan ledakan menjauh dari bawah kendaraan.

Data resmi menyatakan bahwa Cougar MRAP mampu menahan ledakan setara 14 kg TNT di bawah roda dan 7 kg TNT di bawah perutnya.

Kendaraan terdiri dari dua varian utama berpenggerak 4X4 dengan panjang 5,9 m dengan bobot 14,5 ton berawak 6 dan versi 6X6 panjang 7,08 m dengan bobot 17 ton berawak 10 prajurit.

Pengembangan desain baru Cougar oleh tim Force Protection Inc. terbilang cepat. Pada April 2004 sebanyak 27 Cougar mulai diserahkan ke Korps Marinir Amerika Serikat.

Sejak itu Cougar MRAP telah dilibatkan dalam perang di Irak, kemudian palagan Afghanistan dan terakhir digunakan Ukraina berupa sumbangan Inggris (Mastiff) menghadapi invasi Rusia.

Selain digunakan oleh Amerika Serikat, keluarga Cougar MRAP juga digunakan oleh militer Azerbaijan, Burundi, Denmark, Djibouti, Georgia, Hungaria, Inggris, Irak, Italia, Kamerun, Kanada, Kroasia, Maroko, Pakistan, Polandia, Rumania, Slovenia, Uganda, Ukriana dan Yaman.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.