Ka-32A11M, helikopter pemadam api modern berkapasitas muat air 4 ton

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Russian Helicopters, bagian dari Rostec State Corporation, akan memamerkan helikopter pemadam kebakaran modern Ka-32A11M di pameran kedirgantaraan internasional MAKS-2021 di Zhukovsky dekat Moskow pada Juli mendatang.

Heli ini telah menjalani program modernisasi, antara lain mencakup sistem avionik dan glass cockpit, mesin VK-2500PS-02 yang lebih bertenaga, dan sistem pemadam api yang baru.

Direktur Jenderal Helikopter Rusia Andrey Boginsky mengatakan, helikopter Ka-32 diakui di seluruh dunia sebagai salah satu helikopter terbaik untuk pekerjaan memadamkan kebakaran.

Namun demikian, ujarnya, model terbaik perlu mendapatkan modernisasi tepat waktu.

“Kami telah berhasil mempertahankan kinerja penerbangan model yang luar biasa, melengkapinya dengan avionik modern dan sistem pemadam kebakaran baru. Ini lebih efisien dan multifungsi,” ujarnya seperti Airspace Review kutip dari siaran pers Rostec.

Ditandaskan, heli Ka-32A11M akan hadir di pameran udara MAKS-2021.

“Kami berencana untuk mulai memasok pesawat ini paling cepat tahun depan,” tambahnya.

Solusi teknis yang digunakan di kokpit kaca baru Ka-32A11M sebelumnya telah diuji pada helikopter multiguna sipil Ansat dan Mi-38.

Sistem yang juga dapat ditambahkan pada heli ini adalah navigasi tambahan, peralatan optoelektronik, dan pencarian.

Pilot heli Ka-32A11M juga dapat menggunakan kaca mata penglihatan malam.

Sementara dengan penggunaan mesin baru VK-2500PS-02, Ka-32A11M daoat bekerja lebih baik secara signifikan di lingkungan yang panas dan pegunungan. Menurut perhitungan desain, kapasitas muatnya dalam kondisi seperti itu akan meningkat 1.600 kg.

Kemudian sistem pemadam kebakaran SP-32 yang baru, yang dikembangkan oleh spesialis dari Pusat Helikopter Nasional Мil & Kamov dan KAPE, telah menerima sejumlah keunggulan yang signifikan dibandingkan mitra asing.

Tangki dapat menampung 4 ton air

Tangki baru dapat menampung 4 ton air yang dibagi dalam empat kompartemen.

Sistem pelepasan terkontrol digital yang dipatenkan memungkinkan flap dibuka berpasangan atau bergantian untuk menyesuaikan sudut bukaan sehingga meningkatkan waktu pelepasan air.

Otomatisasi sistem memungkinkan untuk mengambil 4 ton air secara akurat dalam 60 detik dan menambahkan hingga 400 liter busa.

Selain itu, semua sistem SP-32 dipanaskan dengan listrik sehingga memungkinkannya digunakan dalam kondisi musim dingin dengan suhu -20 C.

Sebagai ciri khas Kamov, desain koaksial Ka-32 memiliki sejumlah keunggulan. Yang terpenting, adalah menyediakan mode hover yang stabil dan stabilitas crosswind yang sangat baik.

Dengan tidak menggunakan rotor ekor, dimensi helikopter ini menjadi berkurang dan membuat manuver lebih lincah.

Rostec mengatakan, di Swiss Ka-32 digunakan sebagai derek udara di pegunungan. Dengan mesin baru, heli dapat meningkat kinerjanya dalam penerbangan pada ketinggian di atas 2000 meter di atas permukaan laut.

Produksi serial mesin Ka-32 dilakukan oleh JSC Kumertau Aviation Production Enterprise (KAPE).

Saat ini lebih dari 240 mesin telah dibuat dan dioperasikan di lebih dari 30 negara di seluruh dunia.

Rhandy Foxbat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *