Airspace Review Juara 1 KASAU AWARDS 2022 Kategori Artikel Isu Strategis

Rangga Baswara Sawiyya meraih Juara 1 Kasau Awards 2022 Kategori Artikel Isu StrategisAR, Tribunnews

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Wartawan Airspace Review, Rangga Baswara Sawiyya, meraih Juara 1 KASAU AWARDS 2022 Kategori Artikel Isu Strategis Media Cetak/Online dengan judul tulisan: “Menyongsong Kehadiran Elang-Elang Penempur Baru Penjaga Langit Pertiwi“.

Penyerahan trofi KASAU AWARDS 2022 dilaksanakan oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A., di Puri Ardhya Garini Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Kamis, 9 Juni 2022.

Tulisan Rangga berhasil mengalahkan tulisan-tulisan dari media lainnya.

Kasau dalam sambutannya menyatakan, KASAU AWARDS yang keempat kalinya dilaksanakan oleh TNI AU tahun ini, diikuti oleh total 111 jurnalis dari berbagai media di seluruh Indonesia, dengan total karya mencapai 265 karya jurnalistik.

Orang nomor satu di TNI Angkatan Udara ini menyebut, media memiliki peran besar dalam mendukung pembangunan kekuatan TNI AU. Media juga ikut berperan dalam pembinaan kemampuan peran TNI AU.

“Seiring upaya pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuannya, TNI Angkatan Udara menyadari bahwa peran tersebut tidak bisa dilakukan secara mandiri. TNI Angkatan Udara juga membutuhkan kontribusi aktif serta peran serta dari berbagai elemen bangsa. Salah satunya melalui pelibatan peran media nasional yang turut membangun citra Angkatan Udara,” kata Kasau.

Citra baik Angkatan Udara, lanjut Kasau, dibentuk melalui masukan dan kritik dalam pemberitaan yang dilakukan. Sekaligus memberikan masukan dan kritik yang membangun demi terwujudnya TNI Angkatan Udara menjadi Angkatan Udara yang disegani di Kawasan.

“Hal itulah yang menjadi latar belakang kegiatan KASAU AWARDS ini, yaitu sebagai ajang penghargaan dan apresiasi TNI Angkatan Udara kepada jurnalis nasional dan telah berkiprah dan berpartisipasi aktif dalam membangun citra positif TNI angkatan udara di masyarakat nasional dan juga komunitas global,” jelas alumni Akademi Angkatan Udara tahun 1988 ini.

Karya-karya yang masuk dalam ajang KASAU AWARDS 2022 dinilai oleh tujuh dewan juri yang diketuai oleh Dr. Dadang Rahmat Hidayat, Dekan Fikom Unpad.

Lomba sebagai ajang apresiasi terhadap para jurnalis nasional ini dibagi dalam empat kategori yaitu Artikel Isu Strategis Media Cetak/Online, Artikel Isu Humanis Media Cetak/Online, Berita Televisi, Foto Jurnalistik, dan Foto Masyarakat Umum.

Untuk Artikel Isu Humanis, Juara 1 diraih oleh Kurnia Yunita Rayahu dari Harian Kompas dengan judul tulisan “Evolusi Enam Dekade Duta Bangsa di Angkasa”.

Untuk Kategori Foto Jurnalistik, Juara 1 diraih oleh Muhammad Taufan Rengganis dari TEMPO dengan foto berjudul “Helikopter TNI AU Mengibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Langit Jakarta pada HUT ke-76 RI”.

Sementara untuk Kategori Foto Masyarakat Umum, Juara 1 diraih oleh Akhmat Haridi dari Wonosobo, Jawa Tengah dengan foto berjudul “JAT TNI AU Melintas di Atas Keraton Yogyakarta”.

Kemudian untuk Kategori Berita Televisi, Juara 1 diraih oleh TVRI dengan berita bertajuk “TNI AU Menjaga Wibawa dan Kedaulatan Udara Nusantara”.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *