Korea Selatan – AS unjuk kekuatan formasi 20 jet tempur di udara

Formasi 20 jet tempur RoKAF dan USAFRoKAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Korea Selatan dan Amerika Serikat melakukan unjuk kekuatan 20 jet tempur di udara. Hal itu dilakukan saat menyambut kedatangan Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman ke Seoul pada hari Selasa.

Unjuk kekuatan udara ditujukan bagi Korea Utara yang baru melakukan uji coba rudal balistik pada hari Minggu.

Boeing_contoh2

Foto-foto yang dirilis oleh militer Korea Selatan menunjukkan formasi pesawat tempur itu terdiri dari 16 jet tempur milik Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF) termasuk F-35A, F-15K, dan KF-16, serta empat unit F-16 milik Angkatan Udara AS (USAF).

“Korea Selatan dan Amerika Serikat telah menunjukkan kemampuan dan tekad kuat mereka untuk secara cepat dan akurat menyerang setiap provokasi Korea Utara,” tulis militer Korea Selatan dalam pernyataannya.

Pada hari Selasa, Sherman menemui mitranya Wakil Menlu Korea Selatan Cho Hyun-dong di Seoul untuk membahas Korea Utara.

Disinyalir, Korea Utara secara diam-diam sedang bersiap melanjutkan uji coba senjata nuklirnya lagi setelah jeda selama lima tahun.

“Setiap uji coba nuklir akan menjadi pelanggaran total terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB, akan ada tanggapan cepat dan kuat terhadap uji coba semacam itu, dengan cara yang kuat dan jelas,” kata Sherman pada konferensi pers usai pertemuan.

“Kami siap dan kami akan melanjutkan diskusi trilateral kami dengan Korea Selatan dan Jepang esok hari,” lanjutnya saat itu.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *