Uji inovasi munisi sniper terbaru PT Pindad dan Dislitbangad

Uji Sertifikasi Munisi MU2-M_A1_A2 Pindad

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – PT Pindad bersama Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbangad) telah melaksanakan uji sertifikasi produk munisi MU2-M A1 & MU2-M A2 kaliber 7,62 x 51 mm 175 butir HPBT pada 25 Mei 2022 lalu.

Pengujian dilaksanakan di Laboratorium Dislitbangad & Lapangan Tembak Pussenarmed Kodiklat TNI AD, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengujian dan sertifikasi produk inovasi munisi PT Pindad sesuai dengan tolak ukur SST (Syarat-Syarat Tipe) yang telah ditentukan.

Diharapkan, munisi baru ini dapat memenuhi kebutuhan munisi untuk semua jenis senjata sniper standar NATO kaliber 7, 62x51mm.

Dua kegiatan

Pelaksanaan uji sertifikasi produk munisi MU2-M A1 & MU2-M A2 dibagi menjadi dua kegiatan utama, yaitu uji laboratorium dan uji lapangan.

Kegiatan laboratorium meliputi uji berat dan dimensi, jenis penggalak dan pengujian penggalak, jenis dan kelas dorong, kuat tarik anak peluru, keretakan/cacat selongsong, tanda-tanda munisi serta kemasan dan kantung munisi.

Sementara uji lapangan merupakan pengujian produk munisi MU2-M A1 & MU2-M A2 dengan cara ditembakkan menggunakan produk senjata penembak runduk Pindad SPR 3. Uji lapangan dilaksanakan di lorong tembak Dislitbangad & lapangan tembak Pussenarmed Kodiklat TNI AD Batujajar.

Kegiatan pengujian lapangan meliputi kecepatan peluru, rentang kecepatan peluru, ketelitian tembak, tekanan gas rata-rata, daya tembus plat baja dan khusus bekerja pada kondisi normal serta kondisi (kedap udara & ketahanan terhadap suhu rendah dan tinggi).

PT Pindad dalam siarannya menyatakan, untuk uji akurasi tembak menembak 100 m dan 300 m dilaksanakan di lorong Laboratorium Dislitbangad.

Sedangkan untuk penembakan terletak 600 m dan 900 m dilaksanakan di Lapangan Tembak Pussenarm Kodiklatad Batujajar.

Kegiatan uji sertifikasi produk dihadiri oleh Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad Sigit P. Santosa, VP PM & K3LH Prima Kharisma, VP Inovasi Windhu Paramarta, dan Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *