banner roe

Pusat Kavaleri AD Thailand terima kendaraan komando VN1 dari DTI

VN1RTA

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Institut Teknologi Pertahanan (DTI) Thailand telah mengembangkan varian kendaraan komando yang dimodifikasi dari panser VN1 buatan Norinco, China.

Kendaraan komando VN1 ini telah diserahkan kepada Pusat Kavaleri Angkatan Darat Kerajaan Thailand yang berbasis di Fort Adisorn, provinsi Saraburi, pada 5 Mei 2022.

DTI juga melengkapi kendaraan komando VN1 tersebut dengan Sistem Manajemen Pertempuran generasi baru Elbit Systems, Israel.

Mengenai DTI, adalah sebuah lembaga penelitian dan pengembangan yang beroperasi sebagai organisasi publik di bawah pengawasan Kementerian Pertahanan Thailand.

Kendaraan yang dimodifikasi DTI ini merupakan bagian dari panser yang dibeli Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand dari Norinco.

Kontrak batch pertama untuk 38 unit VN1 IFV dan ARV dengan harga masing-masing 1,695 juta dolar AS.

Angkatan Darat Thailand (RTA) mulai menerima kendaraan pertamanya pada 3 hingga 5 Desember 2019 yang mendarat di pelabuhan Chonburi, Thailand.

Selanjutnya, pada 2019, RTA kembali memesan 41 VN1 tambahan. VN1 mulai dioperasikan pada Februari 2021 oleh Resimen Kavaleri ke-2 RTA.

VN1 ini merupakan varian ekspor dari pengangkut personel lapis baja amfibi berpenggerak 8×8 ZBL-09 atau ZBD-09.

China mulai memasarkan VN1 pada 2008 dan kendaraan ini diluncurkan ke publik internasional pertama pada Februari 2009 selama IDEX di Abu Dhabi, UEA.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.