Ukraina gunakan kendaraan buggy dengan ATGM untuk buru tank Rusia

VOLSIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Brigade Mekanik ke-72 tentara Ukraina telah mengerahkan kendaraan buggy buatan lokal yang dipersenjatai dengan sistem senjata peluru kendali antitank (ATGM) portabel Corsar.

Kendaraan yang dinamai VOLS ini dibangun menggunakan konstruksi rangka pipa tubular yang ringan tapi kuat, dengan tampilan siluet yang rendah.

Kendaraan diawaki dua prajurit ini membawa dua tabung rudal anti tank Corsar yang disimpan dalam boks kargo di bagian belakang.

Setelah menemukan sasaran, awak dengan cepat memasang tabung peluncur kedudukan senjata dibagikan atap untuk segera meluncurkan Corsar ke sasarannya.

VOLS yang tergolong sebagai FAV (fast attack vehicle) ini dapat berlari hingga kecepatan100 km/jam, dengan daya jelajah sejauh 400 km.

Kendaraan jenis ini sangat berguna untuk melakukan operasi gerilya, dapat dengan mudah menyerang target dan kemudian dengan cepat bergerak ke posisi lain, tanpa terlihat.

Rudal Corsar dapat dilengkapi dengan dua jenis hulu ledak yakni RK-3K HEAT (High-Explosive Anti-Tank) dengan setidaknya penetrasi 550 mm di belakang ERA (Explosive Reactive Armor) dan hulu ledak fragmentasi ledakan tinggi RK-3OF dengan penetrasi minimal 55 mm.

Corsar dapat mencapai target seperti tank atau kendaraan tempur (ranpur) lainnya pada jarak hingga 2,5 km dan memiliki waktu terbang maksimum 13 detik pada jarak maksimum.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.