Swedia ajukan permohonan menjadi keanggotaan NATO

Saab GripenSaab

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Swedia secara resmi menyatakan akan mengajukan diri dalam keanggotaan NATO. Ini merupakan langkah yang menandai akhir dari non-blok militer negara Nordik selama berabad-abad.

Langkah ini dilakukan setelah invasi Rusia ke Ukraina meningkatkan dukungan di parlemen Swedia untuk bergabung dengan NATO.

Menyusul pengumuman tersebut, Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Swedia Micael Bydén juga menyatakan mendukung langkah pemerintah.

“Sebagai Panglima Tertinggi, saya dipandu oleh dua titik awal, yaitu kepentingan strategis militer Swedia dan cara terbaik untuk berkontribusi pada pencegahan NATO di Eropa utara,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan bergabungnya Swedia ke dalam NATO, maka aliansi pertahanan ini akan semakin kuat.

Sementara itu, tetangga Swedia, Finlandia, juga telah menunjukkan niatnya untuk bergabung dengan NATO. Kedua negara diharapkan untuk bersama-sama mengajukan aplikasi mereka segera.

Beberapa negara anggota NATO, termasuk AS dan Inggris, telah menyatakan dukungan mereka untuk rencana keanggotaan NATO Swedia dan Finlandia.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengatakan, Inggris sangat mendukung aplikasi untuk keanggotaan NATO dari Finlandia dan Swedia.

“Mereka harus diintegrasikan ke dalam aliansi sesegera mungkin, aksesi mereka akan memperkuat keamanan kolektif Eropa,” ujarnya.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published.