M-346 mendapat sertifikasi jadi jet latih bagi F-16 dan F-35 Polandia

M-346 Bielik PolandiaFabrizio Capenti

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Leonardo M-346 Master (di Polandia disebut Bielik) telah mendapatkan sertifikasi dari Angkatan Udara AS (USAF) menjadi jet latih bagi calon pilot pesawat tempur F-16 dan F-35 di Polandia.

Pesawat ini dapat menggantikan peran T-38C Talon seperti digunakan USAF.

Dengan demikian, para calon pilot F-16 dan F-35 Polandia, tidak perlu terbang ke AS untuk pelatihan.

Demikian juga dengan para pilot Slovakia dan Bulgaria, bisa melaksanakan pelatihan di Polandia.

Seperti diketahui, Slovakia dan Bulgaria telah memesan jet F-16 Viper buatan Lockheed Martin.

USAF mengatakan, jet latih M-346 Bielik memiliki tingkat pengenalan dasar-dasar pesawat tempur seperti halnya pada T-38C.

USAF juga menetapkan bahwa sertifikat tersebut memenuhi persyaratan untuk mengarahkan calon pilot pesawat F-35.

Sebelumnya, USAF telah melakukan pemeriksaan sistem pelatihan di Angkatan Udara Polandia dengan kelas teoretis yang dilakukan untuk pilot F-16 masa depan.

Mereka mengevaluasi antara lain keterampilan mengajar para instruktur yang bertanggung jawab atas bagian pelatihan ini.

Selanjutnya, USAF mengamati pelatihan di simulator penerbangan M-346 dan semua tahapan pelatihan udara seperti perencanaan misi, pengarahan, tugas dalam penerbangan, dan pembekalan.

“Amerika juga mengevaluasi infrastruktur kami dalam hal fungsionalitas, jumlah pesawat yang tersedia, dan simulator. Mereka menganalisis dokumentasi pelatihan dan sistem keselamatan penerbangan,” kata Mayor Fischer, Instruktur M-346 Bielik.

Kesimpulan dari tinjauan Amerika itu positif, dengan Angkatan Udara Polandia memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Amerika Serikat untuk melatih pilot pesawat generasi keempat dan kelima.

“Ini adalah kesuksesan besar bagi tim kami,” lanjutnya.

Dikatakan, Amerika Serikat juga menilai tinggi pesawat M-346. Pesawat ini mendapat nilai yang tinggi dari para sekutu AS.

Sertifikasi sistem pelatihan Bielik merupakan tonggak sejarah dalam pembangunan sistem pelatihan pilot pesawat tempur karena setidaknya sebagian dari pilot masa depan akan dapat berlatih di Polandia.

Ini juga merupakan kesempatan bagi Deblin, Pangkalan Pelatihan Udara ke-41 dan Akademi Militer Polandia untuk menjadi pusat pelatihan bagi pilot dari negara-negara di bagian Eropa seperti Slovakia, Bulgaria, Rumania, dan bahkan mungkin Ukraina.

Di Pangkalan Udara Pelatihan ke-41 Deblin saat ini terdapat 12 pesawat M-346. Empat lainnya akan bergabung dengan pangkalan dalam beberapa bulan mendatang sehingga jumlahnya menjadi 16.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *