Rumania akan produksi rudal pencegat SkyCeptor untuk Patriot

Sistem Patriot PAC-3 Rumania dari ASMoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rumania melalui Romarm, perusahaan pertahanan milik negara Rumania anak perusahaan dari Electromecanica Ploiesti, akan memproduksi rudal pencegat SkyCeptor untuk sistem pertahanan udara Patriot.

Penandatanganan kerja sama telah dilaksanakan dengan pihak Raytheon, pembuat sistem Patriot (Phased Array Tracking Radar to Intercept of Target).

Boeing_contoh2

SkyCeptor merupakan varian dari rudal hit-to-kill Stunner. Rudal pencegat multimisi  ini dapat digunakan di sistem Patriot secara plug-and-play, perusahaan mengatakan.

Rudal akan melawan ancaman musuh seperti rudal balistik dan rudal jelajah jarak pendek hingga menengah.

Menteri Ekonomi Rumania Florin Spataru mengatakan, perjanjian dengan Raytheon merupakan langkah pertama dalam kemitraan strategis jangka panjang yang dilakukan Romarm.

Rudal Patriot merupakan sistem pertahanan udara yang telah terbukti dalam pertempuran melawan rudal balistik taktis, rudal jelajah, dan pesawat canggih.

Rudal segala cuaca ini memiliki jangkauan 70 km dengan ketinggian maksimum 24 km, dan waktu penerbangan hingga tiga setengah menit.

Platform ini dilengkapi dengan radar array bertahap AN/MPQ-53 untuk pencarian, deteksi target, identifikasi, pelacakan dan panduan rudal, dan penanggulangan elektronik.

Sistem Patriot dioperasikan oleh AS dan negara-negara sekutu seperti Yunani, Israel, Jerman, Jepang, Polandia, Swedia, Taiwan, Arab Saudi, dan Rumania sendiri.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *