Jerman kirim sistem radar pendeteksi serangan artileri Cobra ke Ukraina

Sistem radar Cobra milik JermanBundeswehr

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jerman akan mengirim sistem pendeteksi senjata artileri, Counter Battery Radar (Cobra), ke Ukraina untuk menangkis serangan senjata-senjata artileri Rusia.

Cobra adalah sistem radar untuk mendeteksi proyektil artileri yang ditembakkan oleh satu atau lebih senjata, howitzer, mortir atau peluncur roket dan lainnya.

Sistem ini akan mendeteksi senjata artileri dari lintasannya. Ini adalah subkelas dari radar akuisisi target yang lebih luas.

Radar kontra-baterai umumnya digunakan untuk melawan mortir, yang lintasannya sangat simetris dan memungkinkan penghitungan lokasi peluncur dengan mudah. Sistem ini mulai dikembangkan tahun 1970-an.

Komputer digital dengan kemampuan kalkulasi yang ditingkatkan memungkinkan lintasan artileri jarak jauh yang lebih kompleks juga dapat ditentukan.

Radar ini dipasang ke unit artileri maupun unit pendukungnya agar mereka dengan cepat dapat mengatur tembakan dari kontra-baterai.

Radar dari sistem Cobra yang dipasang di kendaraan mampu mendeteksi 40 posisi artileri musuh, mortir dan peluncur roket dalam jarak 100 km (62 mil) dalam waktu dua menit.

Sementara kendaraannya dapat melakukan perjalanan hingga 550 km (342 mil) tanpa pengisian ulang bahan bakar.

Seperti dilaporkan oleh harian Jerman, Welt, lima unit Cobra akan dikirim ke Ukraina dari 19 stok yang dimiliki Jerman saat ini.

Cobra meningkatkan akurasi artileri seperti howitzer lapis baja jarak jauh Panzerhaubitze 2000 yang juga sedang dipertimbangkan oleh pemerintah Jerman untuk dikirim ke Ukraina.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *