Australia beri nama “Ghost Bat” untuk Loyal Wingman

MQ-28A Ghost Bat_Loyal WingmanBoeing Defense Australia
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Australia resmi memberi nama “Ghost Bat” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Kelewawar Hantu” untuk kendaraan udara tanpa awak Loyal Wingman.

Pemberian nama dilaksanakan dalam sebuah acara di Pangkalan RAAF Amberley, Senin (21/3/2022).

Drone jenis UCAV yang akan menemani pesawat tempur berawak ini dibuat oleh Australia bersama dengan Boeing.

Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton mengatakan, enam unit UCAV yang telah dibuat mendapat nama lengkap MQ-28A Gost Bat.

Ia menjelaskan, Kemitraan Australia dengan Boeing dalam merancang dan memproduksi Ghost Bat merupakan yang pertama dilakukan Australia dalam 50 tahun terakhir.

“Kemampuan baru ini memungkinkan kami untuk memperkenalkan lebih banyak massa ke dalam ruang pertempuran. Sebuah pesawat lawan tidak hanya harus berurusan dengan kemampuan berawak kami, tetapi juga jumlah pesawat tak berawak seperti MQ-28A Ghost Bat,” ujarnya.

Sebelumnya, tiga seri penerbangan uji berhasil dilaksankan dengan jarak jangkau mencapai 3.700 km.

Hasil ini membuktikan bahwa Ghost Bat dapat digunakan untuk tujuan mencegah kekuatan musuh dari jarak jauh.

Sejak 2017, pemerintah Australia telah menginvestasikan lebih dari 150 juta dollar Australia untuk mendukung usaha patungan dengan Royal Australian Air Force (RAAF) dan Boeing Defence Australia untuk mewujudkan proyel Loyal Wingman.

Proyek ini juga diharapkan dapat menghasilkan peluang manufaktur yang lebih besar di Queensland dan Australia seiring dengan peningkatan produksi di tahun-tahun mendatang.

Pada November tahun lalu, Boeing Australia mengungkapkan bahwa pengerjaan lima dari enam pesawat Ghost Bat untuk RAAF sedang berlangsung.

Soal pemilihan nama, Ghost Bat mencerminkan misi yang dimaksudkan dan kemampuan operasional pesawat.

Kelelawar Hantu merupakan pemburu Australia yang menggunakan sensor multispektral canggih untuk mendeteksi, berburu, dan membunuh mangsa di udara dan di darat.

Hewan yang hidup di Benua Australia ini berkelompok dalam jumlah yang besar, membingungkan, dan mampu mengalahkan lawan-lawannya.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *