KSAU resmikan Koopsudnas, organisasi Kohanudnas dilikuidasi

KSAU resmikan KoopsudnasDispenau

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) –  Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) seiring dilikuidasinya organisasi Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohandunas) dari TNI Angkatan Udara.

Peresmian Koopsudnas dilaksanakan di Markas Koopsudnas, kompleks Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Jumat, 28 Januari 2022.

Dalam upacara militer peresmian Koopsudnas ini, KSAU juga melantik dan mengukuhkan Marsekal Madya (Marsdya) TNI Andyawan Martono Putra, alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1989, sebagai Pangkoopsudnas yang pertama.

Selain peresmian Koopsudnas, dalam upacara ini juga dilaksanakan likuidasi Kohanudnas, alih kodal Kopsau I, II, III dan Korpaskhas.

Validasi organisasi Kohanudnas menjadi Koopsudnas didasarkan pada Perpres nomor 66 tahun 2019 tentang organisasi tugas dan jabatan di lingkungan TNI.

Kemudian ditindaklanjuti dengan Perpang TNI nomor 37 tahun 2019 tentang struktur organisasi tugas dan jabatan TNI, serta Perpang TNI nomor 43 tahun 2019 tentang struktur organisasi tugas jajaran TNI AU.

Validasi, kata KSAU, sudah dibahas sejak tahun 2018 pada saat rapat pembentukan Komando Operasi TNI AU III (Koopsau III) dan Komamdo Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara.

Seiring Peresmian Koopsudnas, maka organisasi Kohanudnas dilikuidasi dari organisasi TNI AU. Sebelum likuidasi kohanudnas, sudah dilaksanakan alih kodal dari mabes TNI kepada TNI Angkatan udara pada tanggal 26 Januari 2022.

Koopsudnas, lanjut KSAU, bertugas sebagai Kotama Operasional (Kotamaops) dan Kotama Pembinaan (Kotamabin) TNI AU.

Tugas Koopsudnas sebagai Komando Utama Operasi (Kotamaops) adalah menyelenggarakan operasi pertahanan matra udara sesuai dengan kebijakan Panglima TNI dan penegakkan hukum, serta menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai peraturan perundang undangan.

Sedangkan tugas Koopsudnas sebagai Komando Utama Pembinaan (Kotamabin) adalah menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kesiapan operasional satuan dalam jajarannya, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara guna mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

Koopsudnas dijabat oleh perwira tinggi TNI Angkatan Udara berpangkat bintang 3 (Marsekal Madya TNI).

Pangkoopsudnas memiliki empat unsur pelaksana, yaitu Pangkoopsud I, Pangkoopsud II, Pangkoopsud III, serta Dankopasgat, sekaligus membawahi Lanud, Kosek, Skadron Udara, Satuan Radar, dan Batalion Komando Pasgat.

KSAU menekankan, seiring dengan kebijakan Pertahanan Negara 2020-2024, pembangunan postur TNI AU diarahkan untuk memiliki daya tangkal strategis dan mobilitas tinggi.

Untuk itu, Mabes TNI AU telah mengantisipasi dengan menyusun rencana strategis secara komprehensif.

Salah satunya melalui alih komando ini, integrasi dan perubahan nomenklatur satuan Koopsau menjadi Koopsud, Korpaskhas menjadi Kopasgat, dan Kosekhanudnas menjadi Kosek Koopsud.

“Seiring kompleksitas tantangan masa depan dan perkembangan teknologi matra udara, kita dituntut untuk mampu menghadapi berbagai bentuk ancaman kinetik maupun non kinetik, yang dapat hadir sewaktu-waktu, ini untuk unity of command,” ujar KSAU.

Hadir dalam upacara militer ini Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Wagub Lemhannas Marsdya TNI Wieko Sofyan, Dansesko TNI Marsdya TNI Dyah Yudanardi, Kepala BNPP Marsdya TNI Henri Alfiandi, Wakasau Marsdya TNI S. Gustaf Brugman, Dankodiklatau Marsdya TNI Tatang Herlyansyah, para pejabat utama jajaran TNI AU, TNI AD, AL, Polri, para mantan KSAU, dan tamu undangan lainnya.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *